Lapisan Pemahaman Mahasiswa Calon Guru Matematika Dengan Tipe Middle Ability Dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Grup Berdasarkan Teori Pirie-Kieren

Novita Eka Muliawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan lapisan pemahaman mahasiswa calon guru matematika dengan tipe middle ability dalam menyelesaikan soal pembuktian grup berdasarkan teori Pirie Kieren. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Tulungagung Semester VI Tahun akademik 2019/2020 yang baru saja mengampu mata kuliah struktur aljabar 1 yang mengkaji tentang grup. Instrumen penelitian ini berupa tes lapisan pemahaman pembuktian grup (TLP2G) dan pedoman wawancara. Data penelitian yang dikumpulkan berupa hasil TLP2G dan hasil wawancara. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru matematika dengan tipe middle ability memiliki lapisan pemahaman sampai pada lapisan ke-7 yaitu primitive knowing, image making,  image having,  property noticing, formalizing, observing,  structuring. Pada lapisan ke-8 yaitu inventising, subjek penelitian belum mencapai lapisan tersebut, karena masih belum mampu mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan baru di luar TLP2G yang dapat membentuk konsep baru.


Keywords


grup; lapisan pemahaman; middle ability, pirie-kieren

Full Text:

PDF

References


Aisah, S. (2017). Profil Lapisan Pemahaman Dan Folding Back Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Ditinjau Dari Kemampuan Matematika. UIN Sunan Ampel.

David E. Meel, “Models and Theories of Mathematical Understanding: Comparing Pirie and Kieren’s Model of The Growth of Mathematical Understanding and APOS Theory”, CBMS Issue in Mathematical Education, 12, (2003), 133.

Devi Rovina. 2014. “Kreativitas Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Luas Bangun Datar Sisi Lurus Ditinjau dari Kemampuan Matematika”.

Jung, Inchul. 2002. Doctoral Dissertation: “Student Representation and Understanding of Geometric Transformations with Technology Experience”. Georgia: The University of Georgia.

Kelli M. Slaten. 2010. "Effective Folding Back via Student Research of The History of Mathematics", Proceedings of The 13th Annual Conference on Research in Undergraduate Mathematics Education

Komariyah, S., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 1–8. https://doi.org/dx.doi.org/10.30738/sosio.v4i1.1477.

Kusaeri, “Acuan & Teknik Penilaian Proses & Hasil Belajar dalam Kurikulum 2013” (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014).

Luvia F. P & Janet. 2016. “Identifikasi Kemampuan Matematika Siswa dalam Memecahkan Masalah Aljabar di Kelas VIII Berdasarkan Taksonomi SOLO”, diakses dari http//jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.

Martin, LaCorix, and Fownes. 2005. “Folding Back and The Growth of Mathematical Understanding in Workplace Training”, Mathematics Education Research Journal, 1: 1,

Milda Retna, Lailatul Mubarokah, dan Suhartatik. 2013. “Proses Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Berdasarkan Kemampuan Matematika”, Jurnal pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1: 2

Pirie, S., T. E. Kieren. 1994. "Beyond Metaphor:Formalisingin Mathematical Understanding within Constructivist Environments". For the Learning of Mathematics. Vol. 14 No. 1, 39-43.

Purwanto, Ngalim. 2007. Psikologi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosdakarya

Sagala, Viktor. 2016. “Profil Lapisan Pemahaman konsep turunan fungsi dan bentuk folding back mahasiswa calon guru berkemampuan tinggi berdasarkan Gender”. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 4 No. 1, 42-47.

Skemp, R. R. 1976. “Relational Understanding and Instrumental

Sugiyono. 2012. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: C.V. Alfabeta.

Susiswo. 2014. “Folding Back Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Limit Berdasarkan Pengetahuan Konseptual dan Pengetahuan Prosedural”, Prosiding Seminar Nasional TEQIP (Teachers Quality Improvement Program) Universitas Negeri Malang,(Desember, 2014)

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, “Kamus Besar Bahasa Indonesia” (Jakarta: Balai Pustaka, 2002)

Utami, I. W., A. H. Rosyidi. 2016. “Profil Lapisan Pemahaman Property Notiching siswa Pada Materi Logaritma ditinjau dari Perbedaan Gender”. MATHEdunesa-Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol. 1 No. 5, 22-24.


Article Metrics

Abstract has been read : 354 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats