Evaluasi Keberhasilan Guru SD dalam Penyampaian Materi Geometri Berdasarkan Model Van Hiele Sesuai K-13 Di Kabupaten Asahan
Abstract
Geometri menempati posisi khusus dalam kurikulum matematika sekolah, karena banyaknya konsep yang termuat di dalamnya dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain, namun bukti- bukti di lapangan menunjukkan bahwa hasil belajar geometri masih rendah. Maka itu penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi hasil pembelajaran matematika materi geometri menggunakan teori Van Hile yang diterapkan guru sesaui kurikulum 2013. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan cara pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode pengambilan sampel secara purposive (purposive sampling) yang bersumber dari populasi penelitian. Pengambilan sampel berdasarkanpada daerah tempat guru mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapam tahap pembelajaran Van Hiele dapat membantu siswa SD dalam memahami konsep dasar geometri sesuai kurikulum 2013.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amirin. T.M.,2003.Pokok-pokok Teori Sistem. PT Raja Grafindo, Jakarta.
Bakti, Darma.2009. Mencermati Sistem Pembelajaran di Tengah Dinamika Globalisasi.
Budiato, M.T., 2000. Pembelajaran Geometrid an Berfikir Geometri. Dalap Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Millenium III”. Surabaya. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya.
http://abdussakir.wordpress.com/2009/pembelajaranp-geometri dan teori Van Hiele
http://ahmadrizal.wordpress.com/2008/Pembelajaran_Geometri
http://kris-21.blogspot.com/2007/12.
http://math.youngzones.org./van-hiele-html 2009.
http://warnadunia.com/teori-pembelajaran-konstruktivisme.
Kunandar, Guru Profesional. Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru., Jakarta. Rajawali Press.
Kho, ronaldo.1998. tahap Berpikir dan Belajar Geometri Siswa-siswa kelas II SMP Negeri 1 Adepura di Jayapura Berpandu pada Model Van Hiele.
Marno dan M.Idris. 2008. Strategi dan metode pengajaran. Jogjakarta., Ar-Ruzz Media.
Nandika, D, 2007. Pendidikan di tengah Gelombang Perubahan. LP3ES, Jakarta
Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.
Muliawati, Eni. 2000. Pengambangan Perangkat Pembelajaran Geometri dalam Ranhka Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SLTP. Tesis. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Tenwey G, R. 2004, Belajar dan Pembelajaran.
Article Metrics
Abstract has been read : 541 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats