Evaluasi Keberhasilan Guru SD dalam Penyampaian Materi Geometri Berdasarkan Model Van Hiele Sesuai K-13 Di Kabupaten Asahan

Mapilindo Mapilindo, Sri Rahmayanti, Wan Nurul Atikah Nasution

Abstract


Geometri menempati posisi khusus dalam kurikulum matematika sekolah, karena banyaknya konsep yang termuat di dalamnya dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Pada dasarnya geometri mempunyai peluang yang lebih besar untuk dipahami siswa dibandingkan dengan cabang matematika yang lain, namun bukti- bukti di lapangan menunjukkan  bahwa  hasil  belajar  geometri  masih  rendah. Maka itu penelitian ini bertujuan  untuk  mengevaluasi  hasil  pembelajaran  matematika materi  geometri menggunakan teori Van Hile yang diterapkan guru sesaui kurikulum 2013. Metode penelitian yaitu deskriptif dengan cara pengambilan  sampel  dilakukan     dengan  menggunakan  metode  pengambilan sampel secara purposive (purposive sampling) yang bersumber dari populasi penelitian. Pengambilan sampel berdasarkanpada daerah tempat guru mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapam tahap pembelajaran Van Hiele dapat membantu siswa SD dalam memahami konsep dasar geometri sesuai kurikulum 2013.


Keywords


Evaluasi, Keberhasilan Guru; SD; Geometri, Model Van Hiele; K-13.

Full Text:

PDF

References


Amirin. T.M.,2003.Pokok-pokok Teori Sistem. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Bakti, Darma.2009. Mencermati Sistem Pembelajaran di Tengah Dinamika Globalisasi.

Budiato, M.T., 2000. Pembelajaran Geometrid an Berfikir Geometri. Dalap Prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Millenium III”. Surabaya. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya.

http://abdussakir.wordpress.com/2009/pembelajaranp-geometri dan teori Van Hiele

http://ahmadrizal.wordpress.com/2008/Pembelajaran_Geometri

http://kris-21.blogspot.com/2007/12.

http://math.youngzones.org./van-hiele-html 2009.

http://warnadunia.com/teori-pembelajaran-konstruktivisme.

Kunandar, Guru Profesional. Implementasi KTSP dan Sukses dalam Sertifikasi Guru., Jakarta. Rajawali Press.

Kho, ronaldo.1998. tahap Berpikir dan Belajar Geometri Siswa-siswa kelas II SMP Negeri 1 Adepura di Jayapura Berpandu pada Model Van Hiele.

Marno dan M.Idris. 2008. Strategi dan metode pengajaran. Jogjakarta., Ar-Ruzz Media.

Nandika, D, 2007. Pendidikan di tengah Gelombang Perubahan. LP3ES, Jakarta

Heruman. 2007. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.

Muliawati, Eni. 2000. Pengambangan Perangkat Pembelajaran Geometri dalam Ranhka Pelaksanaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di SLTP. Tesis. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Tenwey G, R. 2004, Belajar dan Pembelajaran.


Article Metrics

Abstract has been read : 342 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats