Menumbuhkan Kemandirian Belajar Matematika Siswa Melalui Mobile Learning Berbasis Android

Siti Kurniasih, Darwan Darwan, Arif Muchyidin

Abstract


Kemandirian balajar merupakan suatu sikap siswa yang memiliki inisiatif sendiri untuk belajar, memiliki keinginan untuk menguasai kompetensi, memiliki rasa percaya diri dan juga tanggung jawab terhadap tugasnya sebagai peserta didik serta tidak bergantung pada orang lain. Seiring berkembangnya teknologi, media bukan saja sebagai alat bantu yang dapat membantu dan mempermudah guru dalam menyampaikan materi akan tetapi media pembelajaran juga harus dapat memotivasi dan membangun keinginan siswa untuk belajar. Salah satu media pembelajaran yang dekat dengan dunia anak salah satunya media pembelajaran berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh mobile learning berbasis android terhadap kemandirian belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam metode eksperimen ini yaitu One-Shot Case Study. Berdasarkan dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan mobile learning berbasis android berpengaruh terhadap kemandirian belajar matematika siswa, sehingga mobile learning berbasis android bisa menjadi salah satu media pembelajaran bagi guru untuk menumbuhkan kemandirian belajar matematika siswa.


Keywords


kemandirian belajar; android; eksperimen; One-Shot Case Study

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013a). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013b). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Attewell, J. (2005). Mobile Technologies and Learning. London: Learning and Skills Development Agency.

Fidiana, L., Bambang, S., & Pratiwi, D. (2012). Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2).

Guntur, M., Muchyidin, A., & Winarso, W. (2017). Pengaruh Penggunaan Bahan Ajar Matematika Bersuplemen Komik Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Eduma, 6(1), 43–51.

Hasanah, I. F. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Malang. UIN Malang.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2010). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan.

Istiyani, R., Muchyidin, A., & Raharjo, H. (2018). Analysis of Student Misconception on Geometry Concepts Using Three-Tier Diagnostic Test. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37(2), 223–236. https://doi.org/10.21831/cp.v37i2.14493

Kountur, R. (2005). Metode Penelitian. Jakarta: PPM.

Kurniawati, D. (2010). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa SMP Neferi 2 Sewon Bantul. UNY.

Nurrasyid, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android Pada Materi Bentuk Molekul Untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 2 Bandar Lampung. Universitas Bandar Lampung. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Pemerintah RI. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Unsika, 2(1), 13–23. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/118

Rahayu, M. S. I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Pada Platform Android Sebagai Sumber Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. UNY.

Rahnawati, E. (2013). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas Xi Tsm Smk N 8 Purworejo. Oikonomia: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(4).

Rusman. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Rajawali Pers.

Serafimov, L. A. (2014). Mobile Technologies in Learning. Sofia.

Shdiafat, A., & Obeidallah, R. (2019). Quiz tool within moodle and blackboard mobile applications. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 13(8), 32–42. https://doi.org/10.3991/ijim.v13i08.10552

Siswanto. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Religius. Tadrîs, 8(1), 92–107.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman. (2016). Pengaruh Metode Kumon Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII Putra SMP Takhassus Nuril Anwar Loano Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Utomo, E. P. (2012). From Newbie to Advanced. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Waluyo, E. M., Muchyidin, A., & Kusmanto, H. (2019). Analysis of Students Misconception in Completing Mathematical Questions Using Certainty of Response Index ( CRI ). Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 4(1), 27–39. https://doi.org/10.24042/tadris.v4i1.2988


Article Metrics

Abstract has been read : 1037 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats