Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe GR (Group Resume) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pokok Pembahasan Nilai Mutlak

Edi Mulyadin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) terhadap hasil belajar siswa kelas X pada pokok pembahasan nilai mutlak di MAN 2 Bima tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental) dengan rancangan penelitian Control Group Pre-tes Post-tes. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 2 Bima yang berjumlah 223 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume)  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan nilai mutlak. Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GR (Group Resume) terhadap hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Bima tahun pelajaran 2017/2018.

 

This study aims to determine the effect of the GR (Group Resume) cooperative learning model on class X student learning outcomes on the subject of absolute value discussion at MAN 2 Bima in the academic year 2017/2018. This type of research used in this study is quasi-experimental research (Quasi-Experimental) with a Control Group Pre-test Post-test research design. The population of this study was all students of class X MAN 2 Bima, amounting to 223 students. The research instrument used in this study was a student learning achievement test. The data analysis technique used is descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. Based on the data obtained, it can be seen that cooperative learning type GR (Group Resume) can improve student learning outcomes on the subject of absolute value. There is an influence of the GR (Group Resume) cooperative learning model on the learning outcomes of Class X MAN 2 Bima students in the 2017/2018 school year.


Keywords


Learning Models; Cooperative; Group Resume

Full Text:

PDF

References


Suprijono, A. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka belajar

Suharsimi, A. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Jakarta: Rineka Cipta.

Depdikbud, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 2002

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif. Bandung: Alfa Beta.

Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya. Universitas Surabaya.

Isjoni.2009. Cooperative learning. Bandung: Alfabeta.

Lie. 2003. Cooperatif Learning. Gramedia Widya Sarana Indonesia. Jakarta.

Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogjakarta : Pustaka Belajar

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjiono, A. 2003. Pengantar Statistik Pendidikan .Jakarta: PT.Raja.

Sumarwan, dkk. 2004. Sains matematika Kelas X SMA. Jakarta: Erlangga.

Sunarto, dkk. 2004. Konsep dan Penerapan Sains Matematika Kelas X SMA dan MAN. Surakarta : TigaSerangkai.

Sopah,J. 2000. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007.


Article Metrics

Abstract has been read : 102 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats