Analisis Pembelajaran Matematika pada Materi Perpangkatan dengan Model Pembelajaran Multiple Intelligences

Sriaryaningsyih Sriaryaningsyih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Multiple Intelligences. (2) Mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Multiple Intelligences. (3) Mengetahui hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Multiple Intelligences. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah angket dan pengamatan. Dari hasil ketuntasan belajar secara individual didapatkan prosentase ketuntasan secara klasikal yaitu 77,2 %, sehingga model pembelajaran Multiple Intelligences merupakan teori belajar yang dipandang sebagai penggunaan berbagai teori, prinsip, metode, strategi dan taktik belajar dalam menciptakan situasi belajar yang menyenangkan guna memperoleh hasil belajar yang sesuai dengan yang diinginkan.

 

This study aims to: (1) Determine student activities during the mathematics learning process by using Multiple Intelligences learning models. (2) Knowing students' perceptions of mathematics learning by using Multiple Intelligences learning models. (3) Determine student learning outcomes both individually and classically in mathematics learning by using Multiple Intelligences learning models. This research uses descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques used in this study were questionnaires and observations. From the results of individual learning completeness obtained the classical mastery percentage is 77.2%, so the Multiple Intelligences learning model is a learning theory that is seen as the use of various theories, principles, methods, strategies and learning tactics in creating enjoyable learning situations in order to obtain learning outcomes in accordance with what is desired.


Keywords


Learning Model; Multiple Intelligences; Learning Outcomes; Exponential.

Full Text:

PDF

References


Amir, Amran, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (PPKI), edisi ke II. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima.

Anna, A, dkk. 2010. Buku Panduan Pendidikan Matematika Untuk SMP/MTs Kelas IX, JP Press Media Utama.

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek : Rineka Cipta, Jakarta.

Armstong, T. 2000. Teori Kecerdasan Ganda (Multiple Intelligences)

Chatib, Munif. 2012. Pembelajaran difokuskan pada Aktivitas Siswa, dan evaluasi pembelajaran dengan penialaian autentik.. Diakses pada tanggal 15 Mei 2017

Depdiknas. 2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB,SLB Tingkat Dasar dan MI.

Dzamarah, S.B dan A. Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta, Jakarta

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Rosdakarya, Bandung.

Mustain. 2002. Belajar Mengajar Matematika.

Septarini, Bayu. 2006. Model Pembelajaran Multiple Inntelligence Dalam Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah 9 “Panglima Sudirman” Malang: Skripsi Program Strata Satu (S1) UMM.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhinya. Rineka Cipta, Jakarta.

Sudijono, A. 2004. Pengantar Statistika Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sudijono, A. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alvabeta, Bandung.

Suparno, P. 2004. Teori Inteligensi Ganda dan Aplikasinya di Sekolah,Cara Menerapkan Teori Multiple Intelligences HowardGardner. Kanisius, Jakarta.

Suryabrata, S. 1993. Psikologi Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya. Bumi Aksara, Jakarta.

Usman dan Setiawati L. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan BelajarMengajar. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Walgito Bima. 1991. Psikologi Sosial. Andi Offset, Yogyakarta.

Winkel, W.S. 2004. Psikologi Pengajaran. Media Abadi.

Yaumin, M. 2012. Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences. Dian Rakyat, Jakarta

Zuriah, N. 2003. Teori Aplikasi Penelitian Sosial dan Pendidikan.


Article Metrics

Abstract has been read : 690 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats