Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI

Reny Eka Nur Afrianti, Abd. Qohar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis elektronik (E-Modul) pada materi program linier dengan menggunakan masalah yang kontekstual. E-Modul yang dikembangkan merupakan modul berbasis android. Respoden penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Talun. Media dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah tahap analisis produk yang dikembangkan yaitu terdiri dari analisis concept, design, dan collecting materials. Tahap kedua adalah tahap mengembangkan produk awal yaitu terdiri dari pembuatan power point yang kemudian di-upload dalam program web to apk. Saat pengembangan produk gambar dan animasi yang dipilih disesuaikan dengan usia siswa sekolah menengah agar konsep mudah dipahami siswa. Produk dibuat dengan mengangkat cerita kontekstual dalam kehidupan sehari-hari yang dipahami siswa sekolah menengah. Tahap ketiga adalah uji coba produk yang terdiri dari uji ahli dan uji coba skala kecil. Uji ahli terdiri dari validasi media dan validasi materi. Hasil menunjukkan bahwa media pembelajaran E-Modul yang dikembangkan valid dan praktis. Nilai kevalidan yang diperoleh yaitu nilainya 3,2.

 

This study aims to develop electronic-based modules (E-Modules) in linear program material using contextual problems. The developed e-module is an android-based module. The respondents of this study were students of class XI of SMA Negeri 1 Talun. The media developed in three stages. The first stage is the product analysis stage, which is developed, which consists of the analysis of concepts, design, and collecting materials. The second stage is the stage of developing the initial product, which consists of making powerpoints that are then uploaded on the web to an application program. When developing selected drawing and animation products, it is adjusted to the age of secondary school students so that the concepts are easily understood by students. Products are made by bringing up contextual stories in everyday life that are understood by middle school students. The third stage is product trials consisting of expert trials and small scale trials. Expert tests consist of media validation and material validation. The results show that the E-Module learning media developed are valid and practical. The validity value obtained is 3.2.


Keywords


E-module; Contextual; Linear Program

Full Text:

PDF

References


Afgani, M. W., & Si, M. (2008). Pengembangan Media Website Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 15.

Ariawan, B. (2015). Menyelesaikan Permasalahan Program Llinear Menggunakan Geogebra. 18.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran (Edisi Revisi). Jakarta: Rajawali Pers.

Booth, J. L., Barbieri, C., Eyer, F., & Pare-Blagoev, E. J. (2014). Persistent and Pernicious Errors in Algebraic Problem Solving. The Journal of Problem Solving, 7(1). https://doi.org/10.7771/1932-6246.1161

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Personal Learning Environments, social media, and self-regulated learning: A natural formula for connecting formal and informal learning. The Internet and Higher Education, 15(1), 3–8. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2011.06.002

Dorko, A., & Speer, N. M. (2013). Calculus Students’ Understanding of Volume. Investigations in Mathematics Learning, 6(2), 48–68. https://doi.org/10.1080/24727466.2013.11790332

Greenhow, C., & Lewin, C. (2016). Social media and education: Reconceptualizing the boundaries of formal and informal learning. Learning, Media and Technology, 41(1), 6–30. https://doi.org/10.1080/17439884.2015.1064954

Hidayat, R., & Iksan, Z. H. (2015). The Effect of Realistic Mathematic Education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming. 8.

Kamber, D., & Takaci, D. (2018). On problematic aspects in learning trigonometry. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(2), 161–175.

https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1357846

Kennedy, L. M., Tipps, S., & Johnson, A. (2008). Guiding children’s learning of mathematics (11th ed). Belmont, CA: Thomson/Wadsworth.

Mulyana, R. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

National Council of Teachers of Mathematics, & NCTM (Ed.). (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: National Council of Teachers of Mathematics.

Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Lampiran 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah

Permendikbud Nomor 158 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Sistem Kredit Semester (SKS) pada jenjang SMP/MTS dan SMA/SMK/MA/MAK

Putra, A.R. (2015). Pengembangan media pembelajaran matematika berbantuan computer berbasis kontruktivis untuk kelas X SMK pada materi geometri. (Tesis Program Pascasarjana. Universitas Negeri Malang)

Septian, A. D., & Chandra, T. D. (2016). Defragmentasi Struktur Berpikir Siswa Impulsif dalam Menyelesaikan Soal Cerita. 18.

Serhan, D. (2015). Students’ Understanding of the Definite Integral Concept. International Journal of Research in Education and Science, 1(1), 84. https://doi.org/10.21890/ijres.00515

Setyadi, D. (2017). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sarana Berlatih Mengerjakan Soal Matematika. Satya Widya, 33(2), 87–92. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i2.p87-92

Uno, H. B. 2008. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Veloo, A., Krishnasamy, H. N., & Wan Abdullah, W. S. (2015). Types of Student Errors in Mathematical Symbols, Graphs and Problem-Solving. Asian Social Science, 11(15), p324. https://doi.org/10.5539/ass.v11n15p324

Zuana, M. (2018). ALSUNA: Journal of Arabic and English Language e-ISSN:2615-0905. Digital Storytelling, 1, 14.


Article Metrics

Abstract has been read : 668 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats