Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar

Desi Melatul Fitriyah, Nonik Indrawatiningsih, Miftahul Khoiri

Abstract


Kemampuan berpikir logis memiliki peran penting dalam pemecahan dan pembelajaran konsep matematika dan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir logis siswa kelas VII dalam memecahkan masalah matematika yang ditinjau dari gaya belajar pada pokok bahasan aritmatika sosial. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa dengan siswa bergaya belajar visual, auditori dan kenestetik. Pengumpulan data menggunakan angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir logis, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, subjek bergaya belajar visual memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi, tahap menghubungkan, tahap menghitung dan tahap menarik kesimpulan. Subjek bergaya belajar auditori memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi, tahap menghubungkan, tahap menghitung dan tahap menarik kesimpulan. Sedangkan subjek bergaya belajar kinestetik memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi, tahap menghubungkan dan tahap menarik kesimpulan.

 

The ability to think logically has a vital role in solving and learning mathematical concepts, its to improve learning outcomes. This research is descriptive qualitative research that aims to describe the ability of students to think logically in class VII in solving mathematical problems in terms of learning styles on the subject of social arithmetic. The subjects in this study amounted to 3 students with students learning styles visual, auditory, and kinesthetic. Data collection uses learning style questionnaires, logical thinking skills tests, interviews, and documentation. The results of the study show that three stages of the logical thinking ability with visual learning style subject, namely the connecting stage, the counting stage, and the conclusion drawing stage. Auditory learning style subjects can think logically that is at the classification stage, the connecting stage, the counting stage, and the conclusion drawing stage. Whereas the kinesthetic learning style subject can think logically, that is at the classification stage, the connecting stage, and the conclusion drawing stage.


Keywords


Logical Thinking; Problem Solving; Leraning Style

Full Text:

PDF

References


Andriawan, B & Budiarto, T. M. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No. 2. Jurnal (Online).

Hidayat, Wahyu. 2014. Kemampuan Berpikir Logis Matematik.

http://wahyu-hidayat.dosen.stkipsiliwangi.ac.id/2014/07/kemampuan-berpikirlogis-matematik/. Diakses pada 08 April 2018, 19:08.

Rahmawati, N. K. dan Kurniasari, Ika. (2016). Profil Berpikir Logis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Test Of Plagets Logical Operations (TLO) ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 3 No. 5 Tahun 2016 ISSN: 12301-9085. Diakses pada 12 Maret 2018, 10:27.

Setiadi, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Problem Solving di Kelas IX SMPN 2 Mataraman. Skripsi (Online). Banjarmasin: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keagamaan Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Sumarmo, Utari, dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Krisis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pelajaran MIPA Volume 17 No. 1 April 2012 Halaman 17-33 ISSN: 1412-0917. Jurnal (Online).

Tarhadi. (2007). Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa. Article (Online). https:researchgate.net/publication/320843012. Diakses pada 16 Maret 2018, 17:51.


Article Metrics

Abstract has been read : 4699 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v7i1.5286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats