Pengembangan Perangkat Pembelajaran Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel Bagi Siswa yang Mengalami Hambatan Belajar Matematika

Lisaiha Rodiyya Basori, Jailani Jailani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika, dan (2) mendefinisikan kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan aspek: kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, Semmel, D.S. dan Semmel, M.I. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika kelas X bagi siswa yang mengalami hambatan belajar dalam pembelajaran matematika. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan valid, yang ditunjukkan oleh klasifikasi secara kualitatif adalah “sangat baik” untuk dosen ahli 1 serta “cukup” untuk dosen ahli 2; praktis, yang ditunjukkan oleh hasil penilaian kepraktisan oleh guru berada pada kategori “sangat baik” untuk RPP dan “baik” untuk LKS, hasil penilaian kepraktisan oleh siswa yaitu berada pada kategori “baik”, dan rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran kegiatan guru dan siswa di atas 90%; dan efektif ditinjau dari hasil tes akhir siswa dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 70,58%.


Keywords


Perangkat pembelajaran; Belajar; Hambatan belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arjmandnia, A. A., & Kakabaraee, K. (2011). The investigation of parents’ attitude toward inclusive education for slow learners [Versi Elektronik]. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, Volume: 2.

Benassi, V. A., Overson, C. E., & Hakala, C. M. [Ed.]. (2014). Applying science of learning in education: Infusing psychological science into the curriculum. Diambil pada tanggal 11 Maret 2017 dari the Society for the Teaching of Psychology website: http://teachpsych.org/ebooks/asle2014/index.php.

Bransford, J. D., Brown, A. L., & Cocking, R. R. [Ed.] (1999). How people learn, brain, mind, experience, and school, expanded edition. Washington DC: National Academy Press.

Brantingler, E. A. (Ed.). (2006). Who benefits from special education? (fixing) remediating other people’s children. London: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.

Brown, R. (1999). Philosophy of mathematics, a contemporary introduction to the world of proofs and pictures, second edition. New York: Routledge.

Butcher, C., Davies, C. & Highton, M. (2006). Designing learning from module outline to effective teaching. New York: Routledge.

Fink, L. D. (2003). Creating significant learning experiences, an integrated approach to designing college courses. San Fransisco: Jossey-Bass A Wiley Imprint

Hasratuddin. (2008). Permasalahan pembelajaran matematika sekolah dan alternatif pemecahannya [Versi Elektronik]. Jurnal Pythagoras, 4 (1), 67-73.

Hott, B. L., Isabell, L., & Montani, T. O. (2014). Strategies and interventions to support students with mathematics disabilities [Versi Elektronik]. Journal Of Council for Learning Disabilities.

Kemendikbud. (2016). Lampiran 16 Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Matematika SMA/MA/SMK/MAK.

Marsigit., Rizkianto, I., & Murdiyani, N. M. (2014). Filsafat matematika. Yogyakarta: UNY Press.

Mundia, L. (2012). The assessment of math learning difficulties in a primary grade-4 child with high support needs: mixed methods approach [Versi Elektronik]. International Electronic Journal of Elementary Education.

NCERT (National Council of Educational Research and Training). (2006). Position paper national focus group on teaching of mathematics. New Delhi: National Council of Educational Research and Training.

Rumasoreng, M. I. & Sugiman (2014). Analisis kesulitan matematika siswa SMA/MA dalam menyelesaikan soal setara UN di Kabupaten Maluku Tengah [Versi Elektronik]. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (1), 22-34.

Sadidah, Ai & Wijaya, Aryadi (2006). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP kelas VIII semester genap untuk siswa berkebutuhan khusus berorientasi pada minat dan prestasi belajar. Tesis, tidak diterbitkan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Seifert, K., & Sutton, R. (2009). Educational psychology, second edition. Zurich: The Saylor Foundation.

Tambychik, T. & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: what do they say? [Versi Elektronik]. Procedia Social and Behavioral Sciences 8 (2010) 142–151.

Thiagarajan, S. Smmel, D. S., & Smmel, M. I. (1974). Instructional development for teacher of exceptional children. Blomington: Indiana University.

Wigner, E. (1960). The unreasonable effectivenss of mathematics in the natural sciences [Versi Elektronik]. Communications in Pure and Applied Mathematics, Vol. 13, No. I.


Article Metrics

Abstract has been read : 1134 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1784

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats