Analisis Kemampuan Memori Mahasiswa Prodi Pendidikan Sains Pada Materi Tata Nama Senyawa Kompleks

Luluk Fajri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan memori mahasiswa Prodi Pendidikan Sains pada materi tata nama senyawa kompleks; 2) mengidentifikasi pengaruh kemampuan memori mahasiswa prodi pendidikan sains pada materi tata nama senyawa kompleks. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan teknik sampling purposive. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) kemampuan memori dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kompleks dibagi menjadi 3, yaitu kemampuan memori tinggi, sedang dan rendah, a) subyek dengan kemampuan memori tinggi menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang cukup dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 97 untuk subyek 1 dan nilai 70 untuk subyek 2; b) subyek dengan kemampuan memori sedang menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang kurang dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 60 untuk subyek 3 dan nilai 47 untuk subyek 4; c) subyek dengan kemampuan memori rendah menunjukkan kecenderungan memiliki kemampuan memori yang sangat kurang dalam penyelesaian soal tata nama senyawa kimia dengan perolehan nilai 34 untuk subyek 5 dan nilai 27 untuk subyek 6, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan memori mahasiswa dalam penyelesaian tata nama senyawa kompleks yaitu kurangnya perhatian mahasiswa serta faktor pribadi, yaitu minat, motivasi dan emosi mahasiswa.


Keywords


Kemampuan memori; Tata nama senyawa kompleks

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A., dan Supriyono, W. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Baihaqi, M., Sunardi, A., dan Heryati, E. (2005). Psikiatri (Konsep Dasar dan Gangguan-Gangguan). Bandung: PT Refika Aditama.

Kartono, K. (2003). Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa

Poerwadarminta, W.J.S. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Qonitah, F. (2013). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) dengan Permainan Word Square dan Crossword terhadap Prestasi Belajar ditinjau dari Kemampuan Memori Siswa pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur. Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 2 No 2 (125-131).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa

Viardatiwi, D. A. (2015). Kemampuan Memori dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika pada Siswa MAN 2 Madiun. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika. IKIP PGRI Madiun.

Walgito, B. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: ANDI


Article Metrics

Abstract has been read : 642 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i1.1782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats