Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Web Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Perbandingan Kelas VII di SMP Negeri 1 Tilango

Angelia Wahyuni Kasim, Syamsu Qamar Badu, Sumarno Ismail

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh multimedia interaktif berbantuan web terhadap hasil belajar peserta didik pada materi perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan subjek penelitian yang diklasifikasikan menjadi dua yakni VII-3 selaku kelas eksperimen serta VII-2 selaku kelas kontrol pada populasi SMP Negeri 1 Tilango. Dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Teknik pengumpulan data yaitu melalui instrumen tes setelah proses pembelajaran yang didasarkan pada indikator. Untuk mengukur hasil belajar peserta didik menggunakan pre-test dan post-test. Pengolahan data memakai analisis deskriptif memperlihatkan bahwasannya rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih besar jika diperbandingkan kelas kontrol. Adapun hasil analisis inferensial memperlihatkan bahwasannya kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan uji analisis kovarian (anacova) dan diperoleh hasil 𝐻0 ditolak serta 𝐻1 diterima. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan multimedia interaktif berbantuan web dibandingkan dengan menggunakan power point.

 

 

Kata kunci : Multimedia Interaktif Berbantuan Web, Hasil Belajar,  Perbandingan


Keywords


Multimedia Interaktif Berbantuan Web, Hasil Belajar, Perbandingan

Full Text:

PDF

References


Daftar Rujukan

Dwi Susanti, W., & Suripah, S. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 78–83. http://repository.uir.ac.id/id/eprint/17873%0A

Fauhah, H., & Rosy, B. (2020). Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 321–334. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p321-334

Gompi, M., Bito, N., & Isa, D. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Terhadap Hasil Belajar Sisiwa Pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3287–3295. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1739

Hasiru, D., Badu, S. Q., & Uno, H. B. (2021). Media-Media Pembelajaran Efektif dalam Membantu Pembelajaran Matematika Jarak Jauh. 2(2), 59–69. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10587

Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. 10(2). https://doi.org/Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33

Napitupulu, T. (2021). Hasil Belajar Matematika Studi Literatur Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt). Journal of Mathematics Education and Applied Vol. 02, No.02, 38 - 49, November 2021, 2(2), 38–49. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.510

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660–2672. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1547

Purba, H. S., Sukmawati, R. A., Wiranda, N., Pramita, M., & Windiannor, Y. (2021). Multimedia Interaktif Berbasis Web pada Materi Relasi dan Fungsi Berkonteks Kawasan Lahan Basah. Computing and Education Technology Journal (CETJ), 1(1), 62–71. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/cetj


Article Metrics

Abstract has been read : 33 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v12i1.17466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats