Pengembangan Media Video Berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Proses Terjadinya Hujan di Kelas III SDN 15 Sitiung

Nur Hidayah, Antik Estika Hader, Yulia Darniyanti

Abstract


Pengembangan penelitian ini untuk menciptakan sebuah produk dalam bentuk video animasi berbasis aplikasi canva yang diharapkan dapat mengefektifkan serta meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada materi proses terjadinya hujan di kelas III SDN 15 Sitiung. Pengembangan penelitian dilakukan supaya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi peserta didik yang minat belajarnya kurang, serta tidak fokus terhadap materi pelajaran yang diberi oleh guru. Media pembelajaran adalah suatu alat yang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar sehingga makna atau pesan yang disampaikan dapat menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Penggunaan media video animasi berbasis aplikasi canva dalam proses pembelajaran diharapkan adanya peningkatan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pengembangan ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan produk berupa media video animasi berbasis aplikasi canva pada materi proses terjadinya hujan di kelas III SDN 15 Sitiung yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development yang terdiri dari lima tahap, yaitu (1) Tahap Analisis (analyze), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Development) setelah melalui tahap pngembangan dilakukan uji validasi oleh 3 orang dosen validator dengan hasil 86,4%, (4) Tahap Implementasi (implementation) pada tahap ini dilakukan uji praktikalitas yang dilakukan oleh wali kelas dan peserta didik menunjukkan hasil 88,4%, (5) Tahap Evaluasi (evaluation). Berdasarkan dari prosedur ADDIE yang digunakan pada penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa media animasi yang telah dikembangkan peneliti layak untuk digunakan karena telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

References


Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Bandung : Rajawali Press.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Djamarah & Aswan. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, S.B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Jennah, Rodhatul. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin : Antasari Press.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Masitoh, E. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Aplikasi Canva Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jakarta : Rineka Cipta.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam.

Permendikbud No. 65 Tahun 2013.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undikhsa.

Riduwan. (2020). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Penelitian Pemula. Bandung : Alfabeta.

Riyana, Cepi. 2008. Konsep dan Aplikasi Media Pembelajaran. Makalah.

Rusman. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta.

Tanjung, R.E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronik. Jakarta : Kencana.

Triningsih, D. E. (2021). Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Bandung : Alfabeta.

Triyanto, T. (2014). Penantar Penelitian Pendidikan bagi Pengembangan Profesi Pendidikan & Tenaga Kependidikan. Jakarta : Kencana


Article Metrics

Abstract has been read : 234 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.17378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats