Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi berbasis Aplikasi Canva Pada Materi Ekosistem Kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Kunpar kabupaten Sijunjung

Moh Rosyid Mahmudi, Rauldatul Husni, Engla Fitri Jayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video animasi menggunakan aplikasi canva. Media ini bertujuan untuk mengubah suasan belajar menjadi lebih menyenangkan sehingga siswa bisa termotivasi dalam belajar dan meningkatkan minat belajar siswa . Penelitian ini memakai jenis Research and Develepment (R&D) model ADDIE ini mempunya 5 bagian yang saling berhubungan dengan yang lainnya yaitu: Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu validitas, praktikalitas dan efektifitas. Teknik analisis yag digunakan menggunakan validitas, praktikalitas dan efektivitas. Berdasarkan pengembangan yang dilakukan terhadap video animasis berbasis aplikasi canvapada materi ajar ekosistem kelas V Sekolah Dasar Negeri 37 Kunpar. Dapat disimpulkan bahwa validasi media pembelajaran video animasi dari validasi bahasa memperoleh persentase 96,7% dengan kategori sangat valid. Hasil validate media memperoleh persentase 100% dengan kategori sangat valid. Dan materi memperoleh persentase 83,4% dengan kategorid valid. 2) Praktikalitas yang dinilai dari hasil angket dari aspek respon guru memperoleh persentase 93,4% dengan kategori sangat praktis. Sedangkan angket respon siswa dengan hasil 93,4% dikategorikan sangat praktis, praktisi DRM dengan hasil90% dengan kategori sangat praktik, dan praktisi FA dengan hasil 96,7% dikategorikan sangat praktis.Efektifitas video animasi berbasi aplikasi canva materi ekosistem dapat dilihat dari hasil akhir belajar 27 orang siswa yaitu 22 orang siswa dinyatakan tuntas dan 5 orang siswa tidak tuntas

Keywords


ADDIE, Canva, Video animasi.

References


Afridzal, A., Bina, S., & Getsempena, B. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Media Gambar Dan Video Animasi Pada Materi Karangan Deskripsi Di Kelas Iii Sd Negeri 28 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 231.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA BULETIN DALAM BENTUK BUKU SAKU UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERPADU. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi 05, 05(April), 6. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194.

Fabiana Meijon Fadul. (2019). media pembelajaran. 1–6.

Fajri, R. (2015). Simulasi Daerah Aliran Sungai (DAS) Peusangan Berbasis Multimedia. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 15(16), 81–86.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding DPNPM Unindra 2019, 12(4), 181–188.

Maghfiroh, & Shofia Suryana, D. (2021). Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 05(01), 1561.

Mahmudi, M. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Video Animasi Mata Pelajaran IPA Kelas V SDN 53 / VI Pasar Masurai II Kabupaten Merangin. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(1), 14632–14646.

Moto, M. M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20–28.

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013 , Kurikulum Darurat ( 2020-2021 ), Dan Kurikulum Prototipe Atau Kurikulum Merdeka ( 2022 ) Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Suatu Kajian Bandingan. Sinastra, 1(1), 373–382.

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68.

Rahmawati, S. M., & Sati, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Diorama Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Tema Ekosistem. Jurnal PGSD, 7(1), 37–44.

Sitanggang, N. D. H., & Yulistiana, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Ekosistem melalui Penggunaan Laboratorium Alam. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2), 156–167.

Sujud. (2015). Pengertian, Ruang Lingkup Ekologi dan Ekosistem. In Universitas Terbuka (pp. 1–31).

Supartini, M., Ilmu, P., Sosial, P., & Sarjana, P. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Kreativitas Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Tinggi Di Sdn Mangunharjo 3 Kecamatan Mayangan Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS (JPPI), 10(2), 1858–4985.


Article Metrics

Abstract has been read : 512 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.17223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats