Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Game Edukasi “PACAR” Untuk Mendukung Kurikulum Merdeka Kelas IV Sekolah Dasar

Sonia Yulia Friska, Wiwik Okta Susilawati, Yohana Sari

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran, media pembelajarannya masih kurang bervariasi, peserta didik ribut dan berjalan-jalan di dalam kelas, rendahnya daya ingat peserta didik masih ada yang lemah atau lupa dengan pembelajaran sebelumnya, pembelajaran yang masih dominan dengan ceramah, kurangnya mengaitkan pembelajaran dengan peserta didik dan beberapa yang sibuk sendiri. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yaitu menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis (analysis), tahap analisis meliputi analisis materi, analisis kebutuhan peserta didik dan karakteristik peserta didik. Tahap perencanaan (design) tahap perencanaan dilakukan perancangan terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi yaitu rancangan instrumen dan rancangan kerangka. Tahap pengembangan (develop) tahap pengembangan dilakukan uji validasi. Tahap implementasi ( implementation) tahap implementasi dilakukan praktikalitas dan efektivitas. Tahap evaluasi (evaluation) dilakukan di setiap tahapannya mulai dari analysis, design, develop dan implementation. Hasil penilaian validasi aplikasi PACAR pada uji validasi oleh sembilan orang ahli mempunyai skor rata- rata validasi bahasa 0,870%, validasi media 0,744% dan validasi materi 0,833% termasuk dalam kategori valid artinya aplikasi sudah sesuai dengan Bahasa, media dan materi pembelajaran, uji praktikalitas dengan skor rata-rata 100% dikategorikan sangat praktis artinya aplikasi dapat digunakan dengan mudah untuk proses pembelajaran sedangkan hasil efektivitas aplikasi media pembelajaran dengan skor 90% dikategorikan sangat efektif artinya aplikasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Media Pembelajaran, PACAR, IPAS,

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. S., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5), 9180–9187.

Alpian Yayan, W. S. A. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Carbohydrate Polymers, 6(1), 5–10.

Friska, S. Y., Aulia, S., & Nanda, D. W. (2022). Pengembangan LKPD Melalui Model Realistic Mathematic Education Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. 10(2), 313–324. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13013

Friska, S. Y., & Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan E-Modul IPA Tema 6 Subtema 2 Materi Siklus Hidup Hewan Berbasis Problem Based Learning Berbantu Flipbook Maker di Kelas IV Sekolah Dasar. 10(2), 377–382. https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13298

Madhakomala, Aisyah, L., Rizqiqa, F. N. R., Putri, F. D., & Nulhaq, S. (2022). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Paulo Freire. At- Ta’lim : Jurnal Pendidikan, 8(2), 162–172. https://doi.org/10.55210/attalim.v8i2.819

Mustafa, P. S., & Angga, P. D. (2022). Strategi Pengembangan Produk dalam Penelitian dan Pengembangan pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 6(3), 413–424. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v6i3.522

Ningtyas, S. I. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Game Edukatif bagi Anak Usia Dini TKQ Al-Banna Application of Educational Game Learning Media for Early Childhood TKQ Al-Banna.

Nurita Teni. (2018). Kata Kunci : pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. 03, 171–187.

Putra, A. P., Soepriyanto, Y., & Husna, A. (2018). Pengembangan Multimedia Game Edukasi Tentang Keragaman Masakan Khas Daerah-daerah di Indonesia Untuk Kelas V SD. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1, 299–306.

Rahmi, M. S. M., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i2.18524

Ritonga, M. (2018). Politics and Policy Dynamics of Changing the Education Curriculum in Indonesia until the Reformation Period. Bina Gogik, 5(2), 1–15.

Pritchard, P.E. (1992). Studies on the bread-improving mechanism of fungal alpha-amylase. Journal of Biological Education,26 (1), 14-17.

Retnawati, H. (2014). Teori respon butir dan penerapannya. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahmawati, U., & Suryanto, S. (2014). Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah untuk siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 88-97.


Article Metrics

Abstract has been read : 963 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats