Hubungan Antara Kemampuan Komunikasi Tulis Siswa dengan Model Pembelajaran Think Talk Write pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas VIII di SMPN 1 Duhiadaa

Nur Fazria Adam, Majid Majid, John Robby Wenas

Abstract


Kemampuan komunikasi tulis sangat penting dimiliki oleh siswa untuk menyelesaikan masalah matematika. penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara kemampuan komunikasi tulis siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write .Jenis riset ini adalah riset kuantitatif korelasional.Riset ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Duhiadaa tahun ajaran 2022/2023.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2022/2023 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah keseluruhan 76 siswa.Hipotesis uji dengan memakai analisis regresi korelasi sederhana. Mengacu pada hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukan bahwa terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi tulis siswa dengan model pembelajaran Think Talk Write, hal tersebut dapat terlihat melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0,62. Model pembelajaran Think Talk Write memberikan kontribusi sebanyak 38,44% terhadap peningkatan kemampuan komunikasi tulis siswa melalui hubungan linear Y 48,2805+0,4330X 


Keywords


Pengembangan multimedia; pembelajaran interaktif; Android; Model 4-D; Materi Sistem koordinat

Full Text:

PDF

References


Aris, Shohimin 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 Yogyakarta : Ar – Ruzz Media.

Jasmalinda. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Motor Yamaha Di Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 2199–2205.

Lexbin, M. (2013). Pendidikan dan Kompetensi Menuju Tercapainya Pembelajaran Math. Bandung:Mandiri

Lubis, Effi aswita. 2015. Strategi Belajar Mengajar. Medan : Perdana Publishing

Mairing, P.J. 2018. Pemecahan Masalah Matematika. Palangkaraya. Alfabeta Bandung

Majid. (2022). Kemampuan Komunikasi Tulis Mahasiswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Disertasi. Departemen Matematika. Universitas Negeri Malang.

Ministry of Education, O. (2020). THE ONTARIO CURRICULUM - Mathematics 2020 - Grades 1 - 8.

Heatubun, G. R., Wenas, R. J., & Regar, V. E. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS 5(1), 28–31.

Pauweni, K. A. Y., Uwange, D. I., Ismail, S., & Kobandaha, P. E. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Teorema Pythagoras Menggunakan Aplikasi Geogebra di Kelas VIII SMP Negeri 15 Gorontalo. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2660– 2672.

Revita, R., A. Kurniati dan L. Andriani. 2018. Analisis Instrumen Tes Akhir Kemampuan Komunikasi Matematika Untuk Siswa SMP Pada Materi Fungsi Dan Relasi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 2 (2): 8-19

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

The National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles Standards and for School Mathematics. In ISBN 087353- 4808 (Vol. 4, Issue 1).

Une, D.F., Pomolato, S.W.D., & Machmud, T. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa, 4(1), 11-23

Usman, P., Yahya, L., Bito, N., & Takaendengan, B. R. (2022). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Multimedia pada Materi Kerucut. Jambura Journal of Mathematics Education, 3(2), 100–106


Article Metrics

Abstract has been read : 223 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats