Pengaruh Penggunaan Media Animasi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Kelas IV SD Negeri 03 Bailangu

Nopri Aldi, Kiki Aryaningrum, Ida Suryani

Abstract


Masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan media animasi memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu. Medote penelitian yang digunakan metode ekperimen (One-Group pretest-Posttest Design). Sampel dalam penelitian ini siswa kelas IVb yang berjumlah 24 orang siswa. Teknik analisis data berbentuk deskriptif kuantitatif menghitung dengan statistik. Teknik analisis data adalah tes dilakukan oleh peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa, kemudian hasil tes akan dianalisis oleh peneliti guna mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan oleh peneliti didapat nilai rata-rata pretest siswa adalah 68 sedangkan rata-rata nilai posttest siswa adalah 80,75. Dilihat dari uji-t yang menyatakan thitung ≥ ttabel atau 12,55 ≥ 1,672. Yang berarti Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA  di kelas IV SD Negeri 03 Bailangu.


Keywords


Media Animasi;Hasil Belajar;Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

References


Adhi, W. N. (2021). Analisis Instrumen Assesmen Unjuk Kerja Pada Pembelajaran PJOK Di Sekolah Dasar Kota Cirebon. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, Volume 4, Nomor 2.

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran. Bandung: Rajawali Pers.

Hamalik, O. (2017). Kurikulum Dan Pembelajaran. Bandung: Bumi Aksara.

Iskandar, H. (2017). Energi Di Sekitarku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket A Setara SD/MI. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Moh.Sufiyanto, I. (2020). Pembelajaran IPA SD/MI. Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari.

Mudjiono, D. (2021). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Mulyadi, R. (2018). Animasi 2D Dan 3D. Yudhistira.

Munandar, H. S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Sman 5 Mataram Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, Volume 4, Nomor 1.

Permendikbud, N. 57. (2014). Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Dasar.

Rini. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Seni Tari Dikelas VII SMP Negeri 26 Palembang. Palembang: FKIP Universitas PGRI Palembang.

Sudjana. (2005). Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelltian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiyowati, T. A. (2018). Pengembangan Media Video Animasi Tentang Pembentukan Tanah Bagi Siswa Kelas V SD Negeri Singgowangi Kec. Kutorejo Kab. Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Volume 9, Nomor 2.

Susanto. (2019). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Tilazaro, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Yogyakarta: Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol.2 No.2.

Wahyuningtyas Rizky, S. B. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jawa Tengah : Jurnal Basicedu, Vol.2 No.1.


Article Metrics

Abstract has been read : 426 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16360

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats