Etnomatematika: Eksplorasi Budaya Rokat Tase’ Pantai Jumiang Pamekasan Madura

Lailatul Fajriyeh, Moh Zayyadi

Abstract


Masyarakat Madura dikenal memiliki budaya yang khas, unik, streotipikal dan stigmatig. Salah satu kebudayaan yang ada di Madura adalah rokat tase’. Pendidikan dan budaya adalah dua unsur yang saling mendukung satu sama lain. Ilmu matematika yang memperlajari hubungan antara matematika dan budaya yang ada pada sekelompok masyarakat tertentu adalah etnomatematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan etnomatematika pada proses upacara rokat tase’ pantai Jumiang Pamekasan Madura. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Informan utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri karena peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data, menilai kualitas data, analisis data dan membuat kesimpulan atas temuannya. Pengambilan subyek pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, pemaparan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil peneltian ini berupa konsep-konsep matematika yang ada pada proses upacara rokat tase’ adalah : konsep geometri sudut, lingkaran, garis lurus dan garis lengkung, simetris, refleksi, dilatasi, translasi, rotasi, garis-garis sejajar, kerucut, tabung, setengah bola, persegi Panjang, kesebangunan, persegi, garis, sudut, trapesium, segilima, trapesium siku-siku, trapesium sama kaki, tembereng lingkaran, segitiga siku-siku, dan layang-layang,

Keywords


Rokat Tase’, Eksplorasi, Etnomatematika

Full Text:

PDF

References


Bouvier, H. (2002). Lèbur: seni musik dan pertunjukan dalam masyarakat Madura (Vol. 14). Yayasan Obor Indonesia.

D’Ambrosio, U. 2001. Ethnomathematics. Link Between Traditions and Modernity. Sense Publisher. Rotterdam.

Firmansyah, A. (2014). Kajian Budaya Rokat Tase’ (Petik Laut) Masyarakat Pesisir Desa Tanjung Kecamatan Paademawu Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Dipublikasikan. Malang: Universitas Brawijaya.

Fitrotul, H. (2019). Rokat Tase' pada masyarakat pesisir; kajian konstruksi sosial upacara petik laut di Desa Kaduara Barat Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan Madura (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Gerdes, P. 1999. Ethnomathematics As New Research Field, Illustrated By Studies Of Mathematical Ideas In Africa History

Hafsi, A. R., & Hasanah, S. I. (2019). Kajian Etnomatematika Pada Rumat Adat Taneyan Lanjeng. Prosiding Silogisme, 1(1).

Hasanah, & Abdillah, (2018). Bentuk pertunjukan teater tradisional ketoprak ludruk rukun famili di Desa Tanjung Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 2(12).

Larasati, E. D. (2016). Bentuk Dan Makna Simbolik Tayub Rukun Karya Dalam Rangkaian Ritual Rokat Tase’masyarakat Desa Tanjung Selatankecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep. APRON Jurnal Pemikiran Seni Pertunjukan, 2(8).

Rahmawati, F. N., Susanti, E., & Saptandari, P. (2021). Resistensi Perempuan Tandhak Madura: Berjuang dari Dalam. Jurnal Komunikasi, 15(1), 17-28.

Susanti, A. (2019). Pengambilan keputusan yang dilakukan masyarakat dalam memilih ludruk antara rukun karya dan rukun famili dilihat dari segi harga dan daya tarik (Studi Kasus Di Desa Langsar Kecamatan Saronggi Kabupaten Sumenep) (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja).

Syam, N. (2005). Islam pesisir. LKiS Pelangi Aksara.

Taufiqurrahman, (2007). Identitas Budaya Madura. Jurnal. Jurusan Syari’ah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pamekasan. Pamekasan

Zayyadi, M. (2018). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. Sigma, 2(2), 36-40.

Zayyadi, M. (2019). Etnomatematika Budaya Madura (Budaya Madura dan Matematika) (Vol. 128). Duta Media Publishing.

Zholihah, M. (2016). Bentuk Penyajian dan Nilai-Nilai Religius dalam Tari Muwang Sangkal di Kabupaten Sumenep Madura Jawa-Timur. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 352 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.16280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats