Pengembangan E-Modul Berbasis Edutainment pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas V

Oktarina Masito, Rohana Rohana, Ali Fakhrudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan e-modul berbasis edutainment pada materi sistem peredaaran darah manusia kelas v yang memenuhi kriteria valid, layak, dan efektif.  Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model ADDIE yang terdiri atas 5 tahap, yaitu analisis, design, development dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa V di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa, Untuk kriteria kelayakan didapatkan dari angket respon siswa. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor persentase 83,10% dengan kategori sangat valid. Angket kelayakan dilihat dari keseluruhan siswa diperoleh skor persentase 94,2% dengan kategori sangat layak. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 94,7% yang diperoleh dari tes hasil belajar IPA materi sistem peredaran darah manusia dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa e-modul yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, layak dan efektif.


Keywords


Pengembangan; E-Modul; Edutainment; Sistem Peredaran Darah

Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. 3(2), 78–90.

Aka, K. A. (2016). Model Quantum Teaching dengan Pendekatan Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PKn. Jurnal Pedagogia, 5(1), 35–46

Akdon, R. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Alfabeta.

Ali, K. M. (2020). Media Pembelajaran.Rafah Press UIN Raden Patah Palembang.

Amallia, Z. R. N., Palupi, W., & Syamsudin, M. M. (2020). Penerapan Metode Edutainment untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kumara Cendekia, 8(2), 211–221.

Andi, P. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Armalena. (2020). Pengelolaan Sarana dan Prasarana di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kota Padang. Jurnal Penelitian Ipteks, 5(1), 89–100.

Arsal, M., Danial, M., & Hala, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Materi Sistem Peredaran Darah Pada Kelas XI MIPA SMAN 6 Barru. Prosiding Seminar Nasional Biologi VI, 434–442.

Fadlillah, M. (2014). Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana.

Feriyanti, N. (2019). Pengembangan E-Modul Matematika untuk Siswa SD. Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(1), 1–12.

Irnamawati. (2020). Bahan Ajar Kelas 5 SD.

Ismulyati, S., Khaldun, I., & Munzir, S. (2015). Pengembangan Modul dengan Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koloid. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(1), 230–238.

Kosilah, & Septian. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(6), 1139–1148.

Leha, E., & Nisa, K. (2020). Pengembangan E-Modul Sistem Peredaran Darah pada Manusia Berbasis Multiple Intelligence untuk Kelas IX SMP. Prosiding Seminar Nasional Ikip Budi Utomo, 392–400. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prosidinghttps://doi.org/10.33503/prosiding.v1i01.1064

Maharcika, A. A. M., N.K.Suarni, & Gunamantha, I. M. (2021). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Berbasis Flipbook Maker untuk Subtema Pekerjaan di Sekitarku Kelas IV SD/MI. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, d5(2), 165–174.

Masdi, H., & Pratama, A. R. (2022). Pengembangan E-Modul Edutainment-Sway Pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Kelas XII Teknik Instalasi Tenaga Listrik. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 78–84.

Muttaqin, I., Widiaty, I., & Rinekasari, N. R. (2020). Pengembangan Modul Digital Berbasis Self- determined Learning Pada Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Pekerjaan Sosial di SMKN 15 Bandung. Family Edu: Jurnal Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 6(1), 47–57.

Nadiroh, U. A. (2021). Organ dan Cara Kerja Sistem Peredaran Darah Manusia, Materi Tema 4 Kelas 5 SD MI Subtema 1 2 3. Kabar Lumajang. https://kabarlumajang.pikiran-rakyat.com/pendidikan/pr-421476065/organ-dan-cara-kerja-sistem-peredaran-darah-manusia-materi-tema-4-kelas-5-sd-mi-subtema-1-2-3

Priyanthi, K. A., Agustini, K., & Santyadiputra, G. S. (2017). Pengembangan E-Modul Berbantuan Simulasi Berorientasi Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran Komunikasi Data (Studi Kasus: Siswa Kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 6(1), 40.

Puspitasari, Y. (2019). Peningkatan Pemahaman Siswa Kelas Vi Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Media Interaktif. Proceeding of Biology Education, 3(1), 84–93.

Putri, H., Zafri, & Ofianto. (2019). Pengembangan modul berbasis edutainment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kronologis siswa. Jurnal Halaqah, 1(1), 32–44.

Raisah, N., Setyawati, R., Riuddani, A. L., & Afifah, F. N. N. (2021). Pengembangan E-Modul Funteach Berbasis Edutainment Meningkatkan Information Communication and Technology Guru Sekolah Dasar. Jurnal EPISTEMA, 2(02), 113–121.

Ramdhani, E. P., Khoirunnisa, F., & Siregar, N. A. N. (2020). Efektifitas Modul Elektronik Terintegrasi Multiple Representation Pada Materi Ikatan Kimia. Journal of Research and Technology, 6(1), 162–167.

Santoso. (2018). Penerapan Konsep Edutainment Dalam Pembelajaran Di Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD ). Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(1), 61–68.

Sari, T. A. (2019). Pengembangan Media Bongkar Pasang Tiga Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 7(2), 2685–2694.

Septora, R. (2017). Pengembangan modul dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas X sekolah menengah atas. Jurnal Lentera, 2(1), 86–98. http://dx.doi.org/10.24127/jlplppm.v2i1.494

Shodiqin, R. (2016). Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis, IV(1), 36–52.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.

Sukarna, I. (2021). Cari Jawaban Kelas 5 SD Tema 4, Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Peredaran Tubuh? Bobo.Id. https://bobo.grid.id/read/082939034/cari-jawaban-kelas-5-sd-tema-4-bagaimana-cara-menjaga-kesehatan-organ-peredaran-tubuh?page=all

Sukiman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran. Pustaka Insan Madani.

Susilawati, C. L., Suyanto, & Gufron, A. (2021). Edutainment-Based Learning Model with Powerpoint Media Enhancing Students ’ Learning Motivation. International Journal of Elementary Education, 5(3), 409–415.

Syaifuddin. (2013). Anatomi Fisiologi: Kurikulum Berbasis Komprehensif untuk Keperawatan dan Bidan. EGC.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Trianto. (2020). Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam dan Pembelajaranya. Bumi Aksara.

Triyanto, T. (2015). Pengantar Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Wijayanti, N. A., & Khikmiyah, F. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Edutainment Pada Materi Aritmatika Sosial di Kelas VII SMP. Didaktika, 22(2), 99–109.

Sholeh, H. (2011), Metode edutaiment. Jogjakarta

Hasbiyati, H., & Laila, K. 2017. Penerapan Media EBook Bereksistensi EPUB untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pena Sains, 4(1).

Krismayanti, Y. R. & Sudibyo, E. 2021. Efektivitas Penggunaan Modul IPA dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas VIII MTSN 2 Kota Kediri. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, Vol. 9, No. 2, Hal 227-233.

Siagian, S. P. 2018. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Subekti, F. E., & Untarti, R. 2017. Pengembangan Modul Aplikasi Komputer Penelitian Berbasis Pemecahan Masalah dan Kontekstual. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 4, 10–18

Yerimadesi , Ananda Putra, R. 2017. Efektivitas Penggunaan Modul Larutan Penyangga Berbasis Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 7 Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan(JEP), 1, 18–23.

Shodiqin, R. 2016. Pembelajaran Berbasis Edutainment. Jurnal Al-Maqoyis edisi I Vol. IV, hal 36 – 52.

Sitepu, J. M. 2019. Pembelajaran Berbasis Edutainment untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa. The Progressive and Fun Education Semina ISBN: 978-602-361-045-7.

Wanabuliandari, S. & Ardianti, S. D. 2018. Pengaruh Modul E-Jas Edutainmentterhadap Karakter Peduli Lingkungan dan Tanggung Jawab. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan,Vol. 8 No. 1, Hal: 70-79.


Article Metrics

Abstract has been read : 448 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats