Pengembangan Soal Matematika Open-Ended Pokok Bahasan SPLDV Untuk Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Icha Ramandha Putri, Rohana Rohana, Eka Fitri Puspa Sari

Abstract


Penelitian bertujuan untuk menghasilkan soal matematika tipe open-ended pada materi SPLDV yang valid, reliabel dan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Metode penelitian ini yaitu Development Research. Subjek penelitian ini sebanyak 34 siswa kelas VIII di salah satu Sekolah Menengah Pertama Negeri Kota Palembang tahun ajaran 2022/2023. Prosedur penelitian melalui tahapan Preliminary dan Formative Evaluation yang terdiri dari self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field tes. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 8 butir soal yang valid secara teoritis maupun empiris serta reliabel. Valid secara teoritis terpenuhi dari hasil penilaian validator, dimana validasi yang dilakukan berkenaan dengan konten, konstruk dan bahasa. Kriteria valid secara empiris juga terpenuhi dari hasil uji validitas butir soal. Soal juga dinyatakan reliabel sebagai instrumen tes melalui hasil analisis butir soal dengan koefisien reliabilitas 0,982. Selanjutnya untuk kemampuan berpikir tingkat tinggi  peserta didik yang diketahui dari 34 siswa bahwa 23 siswa mendapatkan penilaian dengan kriteria sangat baik 67,65, sedangkan 11 siswa lainnya mendapatkan  kategori baik dengan persentase sebesar 32,35. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal matematika tipe open-ended pada materi SPLDV yang diterapkan dan dikembangkan dapat digunakan mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.


Keywords


Penelitian Pengembangan;Open-ended;Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi;SPLDV

Full Text:

PDF

References


Amelia, S. R., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis melalui tugas open-ended. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif.

Anggraeni, I., Hendriana, H., & Zanthy, L. S. (2018). Kemampuan berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII pada materi sistem persamaan linear dua variabel melalui pendekatan open-ended. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pembelajaran ilmu pengetahuan alam peserta didik sekolah dasar melalui model pembelajaran treffinger. Edutechnologia, 136-144.

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., & Zamroni. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faridah, E. (2019). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal-soal HOTS (Higher Order Thiking Skill) mata pelajaran sejarah kelas X-IPS SMAN 2 Sidoarjo. AVATAR, e-Journal Pendidikan Sejarah.

Firdaus, As'ari, A. R., & Qohar, A. (2016). Meningkatkan kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa SMA Melalui Pembelajaran Open-ended Pada Materi SPLDV. Jurnal Pendidikan, 227-236.

Hidayat, P. W. (2018). analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open-ended dengan pendekatan CTL . Jurnal Pendidikan Matematika.

Hidayat, W., Herdiman, I., Aripin, U., Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Adversity Quotient(AQ) dan penalaran matematis mahasiswa calon guru . Jurnal Elemen, 230-242.

Idris, F. H., Hamid, I., & Ardiana. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Penerapan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 92-98.

Istianah, E. (2013). meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif matematika dengan pendekatan model eliciting activities ( MEAs) pada siswa SMA. Infinity, 43-54.

Jannatasari, N. Z. (2017). Pengembangan Soal Terbuka (open-ended) pada pembelajaran kolaboratif untuk mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMP kelas VIII. Thesis, 99-106.

Juniati. (2021). pengembangan lembar kerja siswa berbasis model pembelajaran open-ended dengan materi sistem persamaan linaer dua variabel. UIN Suska .

Kurniasi, E. R., Yopa, & Karennisa, F. (2020). Analisis Soal Ulangan Harian Matematika Kelas IX SMP Negeri 1 Toboali. Jurnal Ilmu Pendidikan STKIP Kusuma Negara, 43-2.

Ningrum, R. O., & Minarti, E. D. (2022). analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan persamaan linier dua variabel di SMP Al-Mahmud Plus-Cililin. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 33-42.

Prasetyani, E., Hartono, Y., & Susanti, E. (2016, Agustus 1). Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI dalam pembelajaran trigonometri berbasis masalah di SMA Negeri 18 Palembang. 1.

Pratiwi, W. N., Dewi, S. N., & Paramartha, Y. (2019). The Reflection of HOST in EFL Teachers' Summative Assessment. Jurnal of Educational Research and Evaluation, 127-133.

Sadiman, A. S. (2018). Media pendidikan : pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Silaban, M. (2020). pengembangan soal open-ended pada pembelajaran matematika untuk mengidentifikasi kemampuan berpikir kreatif siswa. Universitas Negeri Medan.

Tanujaya, B., Mumu, J., & Margono, G. (2017). The relationship between higher order thingking skills and academic performance of student in mathematics instruction. International Education Studies, 10.

Tessmer, M. (1993). planning and conducting formative evaluation. london: kogsn page limited.

Ulandari, R., Said, H. B., & Defitriani, E. (2020). Pengembangan soal open-ended untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Jurnal Pendidikan Matematika.

Upandi, N. M. (2021). meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam tema berbagai pekerjaan dengan fun thinkers. Mimbar PGSD Undiksha.

Widana, I. W. (2017). Modul penyusunan soal HOTS. jAKARTA: Direktorat pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral pendidikan dasar dan menengah kementrian pendidikan dan kebudayaan.

Zulkardi. (2006). Formative Evaluation : What, why, when and how.


Article Metrics

Abstract has been read : 705 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats