Analisis Kemampuan Numerasi Siswa dalam Materi Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif

Rizky Ayu Kusumawardhani, Lady Agustina, Chusnul Khotimah Galatea

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam materi geometri dan pengukuran ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 7 Jember. Teknik pengumpulan data berupa tes MFFT, tes numerasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan numerasi siswa reflektif adalah (1) siswa tinggi sudah menuliskan semua indikator numerasi dengan baik dan benar, (2) siswa sedang sudah menuliskan indikator numerasi dengan baik dan benar, dikarenakan siswa tidak memaparkan konsep penyelesaian matematikanya dengan baik sehingga hasil yang dikerjakan kurang tepat, (3) siswa rendah  tidak dapat menuliskan semua indikator numerasi, penyelesaian yang dipaparkan siswa salah sehingga hasilnya kurang tepat. Untuk kemampuan numerasi siswa impulsif adalah (1) siswa tinggi sudah menuliskan semua indikator numerasi dengan baik dan benar, walaupun ada 1 penyelesaian yang kurang tepat, (2) siswa sedang sudah menuliskan indikator numerasi dengan baik dan benar, serta hasil yang dipaparkan siswa benar dan ada juga yang salah, (3) siswa rendah tidak dapat menuliskan semua indikator numerasi, penyelesaian yang dipaparkan siswa salah sehingga hasilnya kurang tepat.


Keywords


Numerasi;gaya kognitif;reflektif;impulsif;geometri;pengukuran

Full Text:

PDF

References


Agustinova, E. D. (2015). Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Calpulis.

Hartanik, S & Nafiah. (2020). Kemampuan Numerasi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Education and Human Development Journal. 5(1). 32-42.

Kusumawardani, D. R., Wardono, W., & Kartono, K. (2018). Pentingnya Penalaran

Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding

Seminar Nasional Matematika, 1, 588-595.

Kurniawan, I & Rahadyan, A. (2021). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Penyelesaian Soal Tipe AKM pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Jurnal Didactical Mathematics. 3(2). 84-91.

Konitah, Rewi & Hendriana, Benny. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Soal Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif . Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akunttansi (JISMA). 1(1). 9-20.

Mailili, W. H,. (2018). Deskripsi Hasil Belajar Matematika Siswa Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 1(1). 1-7.

Mariamah, S,. Suciati, S & Hendrawan, H. (2021). Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Jenis Kelamin. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 17-19.

Maskur Ag, M. H. (2007). Matematical Intelligence "Cara Cerdas Melatih Otak dan Menanggulangi Kesulitan Belajar. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nari, N. (2017). Penggunaan Software Geogebra untuk Perkuliahan Geometri. 2nd International Seminar on Education 2017 Empowering Local Wisdom on Education for Global Issue, 307-314.


Article Metrics

Abstract has been read : 251 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14213

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats