Desain Didaktis Keliling Persegi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Marlina Ayu Lestari, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Henni Riyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain didaktis pada materi keliling persegi sehingga mampu mengatasi learning obstacle yang dialami siswa kelas IV SDN 92 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 12 orang siswa kelas IV, 17 orang siswa kelas V, dan 1 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian tes berupa tes diagnostik, tes materi prasyarat, dan tes identifikasi akhir, catatan lapangan, dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi keliling persegi karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desain didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.


Keywords


Didactical Design Research;Hypothetical Learning Trajectory;Learning obstacle.

Full Text:

PDF

References


Aisah, L., dkk. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1), ISSN 2502-5872.

Amalya, Y. M., dkk. (2020). Desain Didaktis Keliling Persegi Melalui Model Pembelajaran SPADE. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 54-65.

Cahyadi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3 (1), 35-43.

Fuadiah, N. F. (2021). Desain Didaktis Dalam Perspekif Merdeka Belajar. Prosiding DDR Conference 2021. 1-8.

Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. Jurnal Mosharafa, 6 (1), ISSN 2527-8827.

Gunanto, dan Adhalia, D. (2016). ESPS: Erlangga Straight Point Series Simple & Modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hermanto, R., dan Santika, S. (2017). Eksplorasi Epistemological dan Didactical Obstacle Serta Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Konsep Jarak. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3 (2), 115-128.

Hermawan, R. P., dkk. (2021). Desain Didaktis Keliling Persegi Berbasis Permainan Tradisional Engklek Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (4).

Kinanti, P. L., dan Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. SOSIETAS, 7 (1), 341-345.

Maryati, S., dkk. (2019). Desain Didaktis Keliling Persegi dan Persegi Panjang Berbasis Permainan Oray-Orayan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (1), ISSN 2597-4866.

Moleong, J. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientai Teori Belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4 (2), 250-258.

Nurilfatihah, S., dkk. (2021). Desain Didaktis Keliling Belah Ketupat Melalui Model Pembelajaran SPADE. PEDADIKTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1), 123-134.

Priatna, N., dan Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putri, B.B.A., dkk. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 68-74.

Putri, D.A., Hetilaniar., dan Riyanti, H. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 13962-13969.

Rezky, Raizal. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18 (1), 762 – 769.

Sugiyono. (2021). Metode PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Suryadi. (2019). MONOGRAF 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.

Suryadi. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.

Suryati, A. Y., dan Nur’aeni, E. (2020). Desain Didaktis Konsep Keliling Lingkaran Berbasis Model Pembelajaran SPADE. PEDADIKTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 66-76.

Yuberti. (2014). TEORI Pembelajaran Dan pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).


Article Metrics

Abstract has been read : 480 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats