Pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok B

Alya Novita Sari, Mardeli Mardeli, Lidia Oktamarina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaam Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Desa Pulau Beringin, dengan variabel independent media balok cuisenaire dan variabel dependent matematika permulaan. Pada penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 24 anak kelas B1 dan B2 di TK Negeri Desa pulau Beringin. Kelompok eksperimen menggunakan media media balok cuisenaire dan kelompok kontrol menggunakan media LKPD. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes tidak terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenititas, uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan balok cuiseniare dengan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 41,8 sedangkan kelompok kontrol 41,5, kemudian dengan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,074. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung >ttabel (5,275>2,074), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh media balok cuisenaire terhadap kemampuan matematika permulaan pada anak kelompok B di TK Negeri Desa Pulau Beringin.

Keywords


Media Balok Cuiseniare; Kemampuan Matematika Permulaan; pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Ade Andre payadnya, putu. dkk. 2018.Panduan Penelitian Eksperimen beserta analisis Statistik. Deepublish:Yoyakarta

Alhamdu. 2016.Psikologi Eksperimen.Palembang:Neofikri

Andriani Ningsih dan Purwanto.2015. Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran dan Pengurangan Bilangan Disekolah Dasar. Jurnal PGSD, Vol 3, No 2. Hal 1913.

Andriani Ningsih. 2015. pengaruh penggunaan media batang cuisenaire terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan di sekolah dasar. Jurnal JPGSD

Anisaul Khasanah, Binti, dkk. Penyuluhan Tentang Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manifulatif Dengan Memperlihatkan Tahapan Berpikir AUD. Jurnal Proseding Relawan. Vol 1, 2017.

Ariesta, Riany. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. PT Sandiarta Sukses: Bandung.

Azwar, S. 2018.Metodologi Penelitian Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Burhan Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif. (Jakarta:Kencana, 2011), hlm. 132

Cahyani Kusuma, Tesya. Heni Listiana. 2021. Pengembangan Pembuatan APE Bagi Ana Usia Dini. Prenamedia Group: Jakarta.

Depdiknas, Permainan Berhitung Permula Di Taman Kanak-kanak (Jakarta: Depdiknas, 2007), hal.1

Depdiknas. Aktivitas Mengajar Taman Kanak-Kanak . Jakrta: Depdiknas.Hlm 1

Desi Prihati. Penggunaan Media Balok Cuisenaire Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Dan Ukuran Pada Anak Kelompok A Di Tk R. A Kartini. Jurnal Mahasiswa Univ Surabaya. Hal. 4

Dinar Pratisti, Wiwien. Susatyo Yuwono. 2018. Psikologi Eksperimen. Muhammadiyah University Press: Surakarta.

Ditha Sandyprihati, dkk. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuaan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah PTK PNF.

Eddy Rofli, Iche Andriyani Liberaty, Pariyana. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran.(Pekalongan: 2021).

Fadlillah, M. 2019. Bermain dan Permainan.Prenamedia Group:Jakarta.

Fitria, Analisa. Mengenalkan Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia dini. Jurnal Studi Gender dan anak.

Gilar Gandana, Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Mellaui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 di Tk At-Thoyobah. Jurnal Paud Agapedia. 4( 2017): 99

Guslinda dan Rita Kurnia, 2014. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jaked Publishing.

Hamzah, M Ali dan Muhlisrarini.2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm.47

Hamzah, Nur. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press: Pontianak

Herdiansyah, H.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika

Intan Kurnia Sari dan Tri Nova Hasti Yunianta, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dengan Media Cuisenaire Rods”, Jurnal Scholaria 7, no. 2 (2017) : h. 145

Izni Azima, dkk; Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini; Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini; 2 (2021); 2009.

Kementrian Pemdidikan dan Kebudayaan, Model Pengenalan Matematika Melalui Permainan Kreatif. (Bandung: Edithole,2016). Hlm 12

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direjtorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, ibid. Hlm. 12

Kementrian Pendidikan Nasional tentang peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 standar tingkat pencapaian Perkembangan anak (STTPA)

Kristanto. 2011. Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Paud Kec. Semarang Selatan. Jurnal Penelitian PAUDIA.

L. Hasyim, Hasim. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Persepektif Islam. Jurnal LENTERA

Lasuka, maya. Meningkatkan Kemapuan PRA-Matermatika dengan Menggunakan Media Balok Cusnaire pada Anak Kelompok A2 PAUD HAqiqi Kota Bengkulu.Jurnal Ilmiah Potensial.

Laylatul Iftitah, Selfi. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Duta Media Publishing: Lekoh Barat Bangkes Kadur Pemekasaan:

Lisa. Prinsip dan Konsep Permainan Matematika Bagi AUD. Jurnal STAIN Malikussaleh. Vol III, No 1. Januari-Juni 2017.

Ma”ruf Abdullah, Metode Penelitian Kuantitatif, (Banjarmasin: Aswaja Presindo,2015) Hln.248.

Mauliyah Ulfah, Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council Of Teachers Of Mathmatics (NCTM) Pada Anak. Jurnal Equalita. Vol 1, No 2, Desember 2019. Hal 135

Moh Fauziddin,Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusi, Vol 1, No 1. Hal 51. 2015

Muhiyatul Huliyah.2016. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal.

Nia Fatmawati, Peningkatan Kemampua Berhitung Melalui Pendekatam Realistic Mathematic Education, (Jurnal: Universitas Negeri Jakarta, 14) Vol. 8 No 2. Hlm.325

Nikmatur Ridha. Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma penelitian.jurnal Hikmah (Sumatra Medan: 2017

Nila Puspita, Ratna . Pengaruh Media Loto Warna dan Bentuk Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B. Jurnal PG Paud Trunojoyo. Vol 3, No 2. Oktober 2016. (Trunojoyo Madura: 2016)

Nofianti, Rita. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher:Tasikmalaya.

Ramadhan, Muhammad.2021. Metode Penellitian. Media Nusantara: Surabaya.

Retno Dwi Astuti.2018. Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Nusa Indah Bulutengger Sekaran Lamongan. Jurnal Inovatif

Rizki Safira, Ajeng. Ayunda Sayyudatul Ifadah. 2020. Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication: Gresik Jawa Timur.

Rizki Syafira, Ajeng. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.Communication: Gresik Jawa Timur.

Sandu Siyoto, M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Kediri: Literasi Media Publishing, 2015), hlm. 83.

Sudarsana, Ketut. Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PURWADITA.

Sudono, A. (2006). Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: PT. Grasindo. Hal 36

Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk PAUD. Grasindo: Jakarta

Sugiyono.2015.Metodoli Penelitian.Bandung:Alfabeta

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014), hlm. 221

Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelaiaran). UNP Press: Padang.

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek perkembangan Anak,Jakarta: KENCANA.

Susan Speary Smith, Early Childhood Mathematics, Fourt Edition. (USA: Pearson, 2009) Hlm. 75

Suwandi, dkk. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini,Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vol 2, No 4, September 2014. (Jakarta: 2014).

Tesya Cahyani Kusuma.Peningkatan Kemampuan Pengukuran Dalam Matematika Awal Metode Discovery (Penelitian Tindakan Di Tk Pertiwi I Kantor Gubernur Padang Tahun 2015). Jurnal Tumbuh Kembang, Vol 4, No 1.2017. hlm 77

The National Associaton for The Education of Young Children (NAEYC) dan The National Council of Theancer of Mathematics (NCTM). Early Chlidhood Mathematics: Promoting Goog Begginnings. (USA:2010),p.1

Tirmidzaini, Astri, dkk. 2019.APE Inovatif Untuk Anak Usia Dini. Edu Publisher: Tasikmalaya.

Umayah dkk. Pengaruh Balok Cuisenaire Untuk MediaBilangan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Intersections. Vol 6, No 1. Fenruari 2021. Hal 38.

Wulansari, Vitaloka; penggunaan balok Cuisenaire dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak di taman kanak-kanak ibunda .kubang kabupaten kerinci; Jurnal Mitra Pendidikan; 2(2020); 40.

Yenny D wi Astuti, dkk; Peran Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Fruits Monopoly Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol 4, No 2 (2020).


Article Metrics

Abstract has been read : 688 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13251

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats