Deskripsi Kemampuan Literasi Matematika Siswa SMP Negeri 1 Batanghari Dalam Pemecahan Masalah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan
Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang
Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.
Baswedan, A. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia. Jakarta: Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Bolstad, O. H. (2020). Secondary teachers ’ operationalisation of mathematical literacy.
European Journal of Science and Mathematics Education, 8(3), 115– 135.
Frengky. (2012). Model Pembelajaran Matematika Siswa Kelas Satu Sekolah Dasar.
Jurnal Psikologi, 35(2): 1-14.
Genc, M., & Erbas, A. K. (2019). Secondary mathematics teachers’ conceptions of
mathematical literacy. International Journal of Education in Mathematics, Science
and Technology, 7(3), 222–237.
Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 56-
Kartadinata, S. (2011). Bimbingan dan Konseling Sebagai Upaya Pedagogis. Bandung:
UPI Press.
Kaye, S., & Rose, T. (2015). Assessing mathematical literacy. New York: Springer
International Publishing.
Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis
siswa sma pada materi fungsi. 3(6), 641–652.
https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.641-652
Novalia, E., & Rochmad. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika dan
Karakter Kreatif pada Pembelajaran Synectics Materi Bangun Ruang Kelas Viii.
Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 225–232.
OECD. (2001). PISA 2000 Result in Focus: What 15 year olds know and what they can
do with what they know. http://www.Oecd.Org/pisa/keyfindings/pisa-2000-
results.
OECD. (2004). PISA 2003 Result in Focus: What 15 year olds know and what they can
do with what they know. http://www.Oecd.Org/pisa/keyfindings/pisa-2003-
results.
OECD. (2007). Science Competencies for Tomorrow’s World Volume 1- Analysis, PISA.
OECD Publishing: Paris.
OECD. (2010). Assesing framework key competencies in reading, mathematics, and science.
OECD Publishing: Paris.
OECD. (2013). PISA 2012 Result in Focus: What 15 year olds know and what they can
do with what they know”. http://www.Oecd.Org/pisa/keyfindings/pisa-2012-
results.
OECD. (2016). PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education, PISA.
OECD Publishing: Paris.
OECD. (2017). PISA 2015 Results (Volume III): Students’ Well-Being, PISA. OECD
Publishing: Paris.
OECD. (2018). Information About The PISA Study 2018. OECD Publishing: Paris.
OECD. (2019). PISA 2018 Insights and Interpretations. OECD Publishing: Paris.
Pradana, L. N., Sholikhah, O. H., Maharani, S., & Kholid, M. N. (2020). Virtual
mathematics kits (VMK): Connecting digital media to mathematical literacy.
International Journal of Emerging Technologies in Learning, 3, 234– 241.
https://doi.org/10.3991/ijet.v15i03. 11674
Purnomo, Suryo & Dafik. (2015). Analisis Respon Siswa Terhadap Soal PISA
Konten Shape and Space dengan Rasch Model. Jurnal Seminar Nasional
Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015.Universitas Jember.
Puspitasari, A., Susi, S., & Nurcholid, DSL. (2015). Analisis Kemampuan Literasi
Matematika Siswa Kelas X MIPA 5 SMA Negeri 1 Ambulu Berdasarkan
Kemampuan Matematika. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Jember.
Jember. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/66773
Putra, Y. Y., & Hartono, Y. (2016). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa
Konten Bilangan Untuk Mengetahui Kemampuan Literasi Matematika Siswa.
Jurnal Elemen, 2(1), 13-21.
Santia, I., & Tyaningsih, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
SMP Melalui Pembelajaran Buku Siswa ML + 3Cs. Lintang Songo: Jurnal Pendidikan,
(1), 18–26.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. In Prosiding
Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, UNY (pp. 713-720)
Sari, E. F. P. (2011). Pengembangan Soal Matematika Model PISA Untuk Mengetahui
Argumentasi Siswa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika
Universitas Sriwijaya. Palembang.
Sasongko, T. P. M., Dafik, D., & Oktavianingtyas, E. (2016). Pengembangan Paket Soal
Model PISA Konten Space and Shape untuk Mengetahui Level Literasi
Matematika Siswa SMP. Jurnal Edukasi, 3(1), 27-32.
Setiawan, H., Dafik, D., & Lestari, N. D. S.(2014). Soal Matematika Dalam Pisa
Kaitannya Dengan Literasi Matematika Dan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi.
Prosiding Seminar Matematika dan Matematik, 1(1), 244-251.
Sholihul Wafi, M. (2015). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis
Siswa SMP Melalui Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based
Learning. http://digilib.uin-suka.ac.id/26801/
Simanjuntak, H. (2013). Kontribusi Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran
Terhadap Hasil Belajar Persamaan Kuadrat pada Siswa SMAN 1 Pangkal Pinang.
Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 19(1), 94-106.
Sulastri, S., Marwan, M., & Duskri, M. (2017). Kemampuan Representasi Matematis
Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Beta Jurnal
Tadris Matematika. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i1.101
Syawahid. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar
Siswa SMA. Beta Jurnal Tadris Matematika, 5(2), 95.
Wardhana, I. R., & Lutfianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis
Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah
Pendidikan Matematika, 6(2), 704–709.
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP:
Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: KemenDikNas dan PPPPTK.
Article Metrics
Abstract has been read : 791 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats