Analisis Model Rasch Menggunakan Ministep Seri-4.8.2. untuk Mengukur Instrumen Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) Ver. 5.00 Pada SMK Kabupaten Sumenep

Yuni Hartatik, Nunuk Hariyati, Murtadlo Murtadlo

Abstract


Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PPKS) adalah bentuk evaluasi kualitas pelaksanaan tugas pokok dan fungsi kepala sekolah dalam melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dan supervisi/pengawasan pada lembaga yang dipimpinnya. PPKS dilakukan oleh Pengawas Pembina yang telah ditunjuk oleh satuan kerja (Dinas Pendidikan). Kualitas PPKS tergantung kualitas instrumen yang digunakan, sehingga memberikan hasil maksimal. Penelitian ini adalah penelitian survei betujuan mendeskribsikan kualitas Instrumen PPKS yang dikembangkan oleh Tim Korwas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tahun 2020, menggunakan teknik analisis model Rasch. Data penelitian adalah data sekunder yang diperoleh dari tim Pengawas Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Sumenep. Hasil analisis menunjukkan Instrumen berkualitas layak, baik reliabilitas, validitas, dan obyektivitas. Namun terdapat beberapa item Sasaran Kerja yang memiliki pilihan (distraktor) yang membingungkan, disebabkan karena rubrik kurang detail, dan penilai hanya satu asesor.

Keywords


PPKS;Model Rasch;SMK

Full Text:

PDF

References


Akdon. 2006. Strategis Managemen For Educational Management, Bandung: Alfabeta.

Ardiyanti, Yusi. Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. Jurnal Pendidikan Indonesia Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Singaperbangsa Karawang. Vol. 5, No. 2, Oktober 2016 pp. 193

Badan Pengembangan Sumber daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan. 2012. Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.Buchari Alma. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta

Faishal Haq, Muhammad. Analisis Standar Pengelolaan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Evaluasi, Vol.1, No.1, Maret 2017 pp. 26

Faizin, Imam. Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah Dalam Meningkatkan Nilai Jual Madrasah. Jurnal Madaniyah, Volume 7 Nomor 2 Edisi Agustus 2017 pp. 261

Febrianto, Priyono Tri dan Sulaiman. Kajian strategis dan prioritas pembangunan pendidikan menengah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pulau Madura Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo, Bangkalan, Madura

https://beritajatim.com/pendidikan-kesehatan/double-track-sma-diikuti-14-ribu-siswa-dari-157- sekolah Minggu, 17 November 2019

https://jatim.bpk.go.id/dari-media/dinas-pendidikan-jawa-timur-fokus-madura-tingkatkan-kualitas- pendidikan diterbitkan 14 januari 2019 diakses 08 sep 2021

Pemerintah Kabupaten Sumenep Peraturan Daerah Kabupaten Sumenep Nomor : 7 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018 Tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2014). Aplikasi Model Rasch Untuk Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial (Edisi Revisi). Bandung: Trim Komunikata Publishing House.

Sumintono, Bambang dan Widhiarso, Wahyu. 2015. Aplikasi Pemodelan RascH Pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata Publishing House.

Suwarno. 2017. Pentingnya Rubrik Penilaian Dalam Penilaian Keterampilan Vocational Siswa: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vokasi Pusat Pendidikan Vokasi FKIP Universitas Sebelas Maret


Article Metrics

Abstract has been read : 437 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats