Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Pada Materi Perbandingan

Agnes Windiyarti, Nila Kesumawati, Misdalina Misdalina

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan penalaran matematis dan self confidence siswa SMP pada materi perbandingan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode deskriptif kuantitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 3 Prabumulih yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dan angket self confidence siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis siswa termasuk kategori rendah dengan nilai rata-rata sebesar 55,03 dan tingkat self confidence siswa termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata sebesar 74,71.


Keywords


Penalaran Matematis;Self Confidence;Materi perbandingan

Full Text:

PDF

References


Adila, D. N., & Nurhabibah, R. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Confidence Siswa SMP Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Education, 3 (2), 172-181.

Afidah, & Khairunnisa. (2014). Matematika Dasar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisi Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education , 1 (1), 58-65.

Akbar, G. A., Diniyah, A. N., Akbar, P., Nurjaman, A., & Martin. (2018). Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran dan Self Confidence Siswa SMA dalam Materi Peluang. Journal On Education, I (1), 14-21.

Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 2 (1).

Asdarina, O., & Ridha, M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Setara PISA Konten Geometri. Jurnal Numeracy, 7 (2), 192-206.

Astiati, S. D. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Mts Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan , 408.

Endrawati, P., & Ramlah. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada materi Peluang Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. MAJU , 8 (2), 148-158.

Fajri, H. M., Misdalina, & Kesumawati, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 1 Kelekar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif , 12 (1), 85-96.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika , 4 (2), 42-52.

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP Pada Materi persamaan Garis Lurus. Journal of Medives, 2 (1), 107-115.

Isrok'atun, Hanifah, N., Maulana, & Suhaebar, I. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains secara Integratif melalui Situation-Based Learning. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 3 (6), 663-670.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Maula, I. (2019). Pembelajaran Matematika Guided Discovery. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Nababan, S. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran MAtematis Siswa Melalui Model Problem Based learning. Genta Mulia, XI (1), 6-12.

Noviyana, I. N., Dewi, N. R., & Rochmad. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Self-Confidence. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika , 2, 704-709.

Rismen, S., Mardiyah, A., & Puspita, E. M. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika , 9 (2).

Rizqi, A. A., Suyitno, H., & Sudarmin. (2016). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kepercayaan Diri siswa Melalui Blended Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5 (1), 17-23.

Saifanah, S. N., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. JMPM , 5 (1).

Susanto, A. (2019). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.


Article Metrics

Abstract has been read : 268 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.11488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats