Efektivitas Study For Home Dengan Menggunakan Cisco Webex Dengan Bantuan Aplikasi Software Maple Ditinjau Dari Kemampuan Self-Efficacy Pada Materi Integral Siswa Kelas XI SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Pelajaran 2020/2021

Jiha Nova Sari, Anim Anim, Dewi Astuti, Anil Hakim Syofra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas siswa dalam study for home dengan menggunakan Cisco Webex dengan bantuan aplikasi software Maple ditinjau dari kemampuan self-efficacy pada materi Integral kelas XI IPA-1 SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sampel penelitian ini menggunakan menggunakan objek. Objek yang didapat peneliti berdasarkan Random Sampling. Instrumen pada penelitian ini menggunakan angket self-efficacy yang terdiri dari 36 pernyataan. Angket yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada 3 indikator dari kemampuan self-efficacy. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Random Sampling. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh hasil angket self-efficacy siswa dengan hasil rata-rata kelas 67,4% dengan kategori “cukup efektif”untuk dilakukan di sekolah SMA Swasta Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2021/2022.


Keywords


Integral;Efektivitas Study for Home;Kemampuan Self-efficacy;Aplikasi Cisco Webex

Full Text:

PDF

References


Afgani, M. W. (2016). Pemecahan Masalah dan Menanam Pemahaman Konsep Matematika Melalui Software Maple. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(1), 85–103.

Chahyadi, A. B., Sitompul, H., & Panjaitan, K. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Merakit Personal Komputer. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(2), 117. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16955

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19 Firman1, Sari Rahayu Rahman1. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89

Junaidi. (2015). Penggunaan Software Maple Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Integral. Visipena Journal, 7(2), 197–207. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.335

Muhammad Saleh Taher, J. A. R. H. T. (2020). The Effectiveness of Class Discussion Learning Method By Using Cisco Webex Application in Improving Students’ Speaking Skills and Learning Outcomes At the English Language Department of University of Muhammadiyah Tangerang. Ijlecr - International Journal of Language Education and Culture Review, 6(1), 69–73. https://doi.org/10.21009/ijlecr.061.09

Sunaryo, Y. (2017). Pengukuran Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Mts N 2 Ciamis. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548


Article Metrics

Abstract has been read : 261 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11329

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats