Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berbentuk Cerita Yang Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Siswa Dengan Bantuan Media Komik Matematis Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI SMAS Daerah Air Joman T.A 2020/2021

Melda Sihotang, Anil Hakim Syofra, Syahriani Sirait, Sri Rahmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal barisan dan deret aritmetika ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa di kelas XI SMAS Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 13 siswa kelas X1 SMAS Daerah Air Joman Tahun Ajaran 2020/2021. Instrumen soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 4 butir soal berbentuk uraian yang mengacu pada indikator kemampuan komunikasi matematis. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan jumlah rata-rata yang didapat dari hasil tes soal uraian yaitu 88,57%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan kesalahan pada indikator kesatu yaitu memahami menulis sebesar 15,38%, indikator kedua yaitu menggambar sebesar 84,61%, indikator ketiga yaitu ekspresi matematika sebesar 92,30%. Dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap pembelajaran dengan bantuan media komik yang ditinjau dari kemampuan komunikasi siswa pada materi barisan dan deret aritmatika kelas XI SMAS Daerah Air Joman.


Keywords


Barisan dan deret aritmetika;kesalahan siswa;kemampuan komunikasi matematis;media komik

Full Text:

PDF

References


Mamolo, L. A. (2019). Development Of Digital Interactive Math Comics ( Dimac ) For Senior High School Students In General Mathematics Development Of Digital Interactive Math Comics ( Dimac ) For Senior High School Students InGeneral Mathematics. Cogent Education, 00(00). Https://Doi.Org/10.1080/2331186X.2019.1689639. 1-13.

Masyarakat Tbm Kreatif Rekreatif (2020) Apresiasi Taman Bacaan Masyarakat tbm Kreatif rekreatif Tahun 2020.

Sirait, S. dan Rahmadani, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sinergi Hasil Penelitian Dalam Menghasilkan Inovasi Di Era Revolusi 4.0, 169-175.

Syofra, H.A, Asmin, Mulyono, & Syafi'i I. (2020). Development of Problem Based Learning Tools to Improve Mathematical Communication Skills and Self Efficacy of Sudents.381-385.

Wewe, M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis. 2(20), 65–69.


Article Metrics

Abstract has been read : 527 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats