Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Peserta Didik SMA Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Geometri Ruang Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Covid-19

Tri Retno Ningsih, Haninda Bharata

Abstract


Pandemi covid-19 yang melanda pendidikan di Indonesia tidak dapat diputuskan untuk tidak melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran jarak jauh merupakan solusi melaksanakan proses pembelajaran demi mencapi tujuan pendidikan terkhusus kemampuan berpikir logis yang mempunyai peran penting dalam memecahan masalah terkhusus pada materi Geometri Ruang. Proses berpikir peserta didik sangat perlu dipertahankan seama proses pembelajaran jark jauh dengan kondisi dan kendala yang dihadapi selama pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir logis peserta didik SMA dalam memecahkan masalah matematika pada materi geometri ruang dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi covis-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah peserta didik kelas X IPA 1 SMA Negeri 4 Kota Bumi. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 peserta didik dengan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Pengumpulan data menggunakan kemampuan berpikir logis matematika yang berjumlah 3 soal, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, subjek kemampuan tinggi memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi, tahap menghubungkan, tahap menghitung dan tahap menarik kesimpulan. Subjek kemampuan sedang memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi, tahap menghubungkan dan tahap menghitung. Sedangkan subjek kemampuan rendah  memiliki kemampuan berpikir logis yaitu pada tahap klasifikasi dan tahap menghubungkan


Keywords


Kemampuan Berpikir Logis; Kemampuan Pemcahan Masalah; Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, Mika. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Strategi Think Talk Write (Ttw). terdapat di: ojs.umsida.ac.id/index.php/pedagogia/art icle/view/256. diunduh pada hari Jum’at 11 September 2021 pukul 11.42 WIB

Amperawan, I. W., Pujawan, I. G. N., & Suarsana, I. M. (2018). Komparasi kemampuan pemecahan masalah matematika antara pmr dan pbm pada materi geometri smp kelas vii. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 47–60.

Andriawan, B., & Budiarto, M. T. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 42-48.

Andriawan, B. (2014). Identifikasi Kemampuan Berpikir Logis Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 2 Sidoarjo. Skripsi Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Jurusan Matematika Universitas Negeri Surabaya.

Argarini, F. D., Budiyono, I. Sujadi. (2014). Karakteristik Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII SMP N 1 Kragan dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematika Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif. JMEE. IV (2): 1-12

Astuti, R., Budiyono. & Usodo, B. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe TAPPS dan TSTS terhadap kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari tipe kepribadian. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 2(4).

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto, (2014). Analisis berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah matematika berdasarkan polya pada pook bahasan persamaan kuadrat (penelitian pada siswa kelas X SMK muhammadiyah 1 srgaen tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 899-910.

Fitria, C., & Siswono, T. Y. E. (2014). Profil Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Phlegmatis). MATHEdunesa, 3(3), 23–32.

Firdausy, C. M., Suryana, A., Riant, N., dan Suhartoko, (2019). Revolusi industri 4.0 dan pembaungan ekonomi berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional Bagian II. PPBK DPR RI.

Hartono, (2016). Efektivitas Pembelajaran Media E-Learning Berbasis Web Dan Konvensional Terhadap Tingkat Keberhasilan Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Bina Darma Palembang). SNASTIKOM, 1(2); 9-19.

Hasanah, N., Mardiyana, & Sutrima. (2013). Analisis Proses Berpikir Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert-Introvert dan Gender. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1(4), 422–435.

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Pembelajaran Berbasis HOTS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Indarwati, Desi., Wahyudi., & Ratu, Novisita. (2014). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui penerapan problem based learning untuk siswa kelas V SD. Jurnal Satya Widya. 30(1): 17-27.

Indrawati, F. (2015). Pengaruh kemampuan numerik dan cara belajar terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidkkan MIPA, 3 (3).

Irawan, A. (2015). Pengaruh kecerdasan numerik dan penguasaan konsep matematika terhadap kemampuan berpikir kritik matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidkkan MIPA, 4(1).

Rahmani & Widyasari, (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melali media tangram. Fibonacci: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. 4(1), 17-24.

Rahmawati, K., N. & Kurniasari, I. (2016). Profil Berpikir Logis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Menggunakan Test of Piaget’s Logical Operations (TLO) Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 200-209.

Rasiman. (2012). Penelusuran Proses Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Bagi Siswa Dengan Kemampuan Matematika Tinggi. AKSIOMA, 3(1).

Rohati. (2014). Proses Berpikir Kritis Siswa SMP Tipe Influence Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Edumatica, 4(1), 44–50.4

Setiadi, D. (2017). Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Pada Pembelajaran Bangun Ruang dengan Menggunakan Strategi Problem Solving di Kelas IX SMPN 2 Mataraman. Skripsi (Online). Banjarmasin: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keagamaan Institut Agama Islam Negeri Antasari Banjarmasin.

Siregar, Eveline Nara, H. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran (A. Jamaludin (ed.)). Ghalia Indonesia.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. CV ALFABETA.

Sulistiawati, S., Suryadi, D., & Fatimah, S. (2015). Desain Didaktis Penalaran Matematis untuk Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa SMP pada Luas dan Volume Limas. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 6(2), 135-146.

Sumarmo, Utari, dkk. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Krisis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pelajaran MIPA Volume 17 No. 1 April 2012 Halaman 17-33 ISSN: 1412-0917. Jurnal (Online).

Surat Edaran Nomr 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dimasa darurat penyebaran covid-19

Tarhadi. (2007). Penggunaan Tes Uraian Dibandingkan dengan Tes Pilihan Ganda Terstruktur dan Tes Pilihan Ganda Biasa. Article (Online). https:researchgate.net/publication/320843012. Diakses pada 16 September 2021, 17:51.

Usdiyana, D, dkk. 2009. Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1),

Widiastuti, 2015. Tes dan Pengukuran Olahraga. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yulistyanti, D., Farkhatin, N., & Mustari, D. (2021). Penggunaan Aplikasi Sebagai Media E-Learning Remaja Di Karang Taruna. Journal of Empowerment, 2(1), 89-100.


Article Metrics

Abstract has been read : 1151 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11016

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats