Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya

Rati Ismidiah Yustiara, Teddy Alfra Siagian, Edi Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 4 Kaur berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Langkah penyelesaian terdiri dari 4 indikator penyelesaian masalah yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan perencanaan penyelesaian, dan (4) melihat kembali. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 27 orang siswa kelas VII SMPN 4 Kaur pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 4 Kaur tahun ajaran 2020/2021 berdasarkan langkah Polya yaitu 46,25% (kategori sedang). Sebaran tingkat kemampuan pemecahan masalah matematiknya dalam tiap tahapan Polya sebagai berikut: memahami masalah 74,26% (kategori tinggi), merencanakan penyelesaian 42,04% (kategori sedang), melaksanakan rencana penyelesaian 39,81% (kategori rendah) dan melihat kembali 28,89% (kategori rendah). Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali pada soal pemecahan masalah.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah Penyelesaian Polya, Materi perbandingan

Full Text:

PDF

References


Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635

Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Ifanali. (2014). Penerapan Langkah-Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pemecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (Maret), 147–158. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3217

Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator Nctm Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 7B Smp Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4261

Nilawati, N., Duskri, M., & Trina Sari, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa MTs. MaPan, 7(1), 85–98. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a7

Ninik, H., & Suharto. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linear. KadimA, 5(3), 1-8. https://doi.org/10.12681/er.9602

Pasesi, O. A. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x di sma negeri 3 kota bengkulu dalam pembelajaran model means-ends analysis (mea). 2(1), 97–104. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.97-104

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas. https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf

Pertiwi, D. P., Sugita, G., & Sukayasa. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 1-13. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/264

Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771

Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.

Susanta, A., Susanto, E., & Maizora, S. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SMP/ MTs Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics), 5(2), 131-139. http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.2567

Zakiyah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sma dengan terhadap materi splkdv. Journal On Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.29


Article Metrics

Abstract has been read : 1744 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats