Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku Kemendikbud Revisi 2018 Materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat

Topan Agung Pinilih Rahmat Illahi, Nurul Astuty Yensy B, Ringki Agustinsa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebaran tingkat kognitif soal latihan dan soal uji kompetensi materi Persamaan dan Fungsi Kuadrat pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 terbitan Kemendikbud edisi revii 2018 berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Taksonomi Bloom revisi yang digunakan adalah pada proses kognitif yang terdiri dari: C1-mengingat, C2-memahami, C3-mengaplikasikan, C4-menganalisis, C5- mengevaluasi, dan C6-mencipta. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diambil pada penelitian ini adalah pada soal Latihan dan soal Uji Kompetensi. Soal Latihan yang di analisis berjumlah 49 soal dengan 72 pertanyaan dan soal Uji Kompetensi yang di analisis berjumlah 30 soal dengan 35 pertanyaan. Pada soal Latihan diperoleh tingkat kognitif C2-memahami sebanyak 6 pertanyaan (8,33%), C3-mengaplikasikan sebanyak 61 pertanyaan (84,72%), C4-menganalisis sebanyak 4 pertanyaan (5,55%), dan C5-mengevaluasi sebanyak 1 pertanyaan (1,4%), serta belum terdapat soal dengan tingkat kognitif C1-memahami dan C6-mencipta. Sedangkan pada soal Uji Kompetensi diperoleh tingkat kognitif C2-memahami sebanyak 1 pertanyaan (2,85%), C3-mengaplikasikan sebanyak 31 pertanyaan (88,57%), C4-menganalisis sebanyak 2 pertanyaan (5,71%), dan C5-mengevaluasi sebanyak 1 pertanyaan (2,85%), serta belum terdapat soal dengan tingkat kognitif C1-memahami dan C6-mencipta. Dengan demikian, hasil yang diperoleh menyatakan bahwa soal-soal yang diberikan belum cukup proporsional.

Keywords


Bloom's Taxonomy Revision; Cognitive Level; Electronic School Book (BSE); Questions.

Full Text:

PDF

References


Amelia, D., Susanto, S., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom Kelas VII-A di SMPN 14 Jember. Jurnal Edukasi, 2(1), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v2i1.3402

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (terjemahan) (1 ed.). Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Bagiyono. (2017). Analisis Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Sial Ujian Pelatihan Radiografi Tingkat 1. Widyanuklida, 16(No. 1), 112. http://repo-nkm.batan.go.id/140/1/05_analisis_tingkat_kesukaran.pdf

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fatonah, S. (2005). Aplikasi Aspek Kognitif (teori bloom) dalam Pembuatan Soal Kimia. Kauni, 1(2).

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. ROSDA.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Mendikbud Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama (SMP)/ Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Kurniawan, T. (2020). Analisis Soal Buku Matematika Kelas VII Edisi Revisi 2017 pada Materi Penyajian Data Berdasarkan Taksonomi Bloom. JP2MS.

Masduki, S., M.R., I., & D.Y.A., P. (2013). Level Kognitif soal-soal Pada Buku Teks Matematika SMP Kelas VII. diseminarkan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2012). TIMSS 2011.pdf. TIMSS & PIRLS International Study Center.

Puryati, E. (2017). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN. VI(2), 192201.

Riduwan. (2014). Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.)). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Statistika untuk Penelitian (30 ed.). Bandung: Alfabeta.

Wu, M. (2009). A critical comparison of the contents of PISA and TIMSS mathematics assessments. Mebourne : Faculty of Education.


Article Metrics

Abstract has been read : 1402 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats