KREATIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN BK DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING IKIP PGRI MADIUN

Tyas Martika Anggriana

Abstract


Keberhasilan mahasiswa untuk menyelesaikan beban kurikuler adalah suatu hal yang penting. Pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling terdapat mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan praktik layanan bimbingan dan konseling dalam format klasikal, kelompok dan individual. Guna menarik minat konseli ketika mahasiswa yang sedang melakukan praktik melaksanakan layanan, maka mahasiswa harus mampu mengembangkan kreatifitasnya untuk mengembangkan media, yaitu media bimbingan dan konseling.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dengan kreatifitas pengembangan media layanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP PGRI MADIUN semester 5 tahun akademik 2014/2015 yang sedang menempuh mata kuliah PPL BK Mikro. Pengambilan sampel dilakukan secara random sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 mahasiswa, dari total populasi 125 mahasiswa. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji korelasi product moment.

Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,253 dengan taraf signifikansi 0,015 (p<0,05; signifikan). Hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dengan kreativitas pengembangan media layanan bimbingan dan konseling. Guna meningkatkan kreativitas pengembangan media bimbingan dan konseling pada mahasiswa maka mahasiswa perlu didorong untuk meningkatkan kesiapan belajarnya, dengan cara menyiapkan perangkat belajar sebelum proses pembelajaran dimulai.

 

 

Kata kunci: kesiapan belajar, kreativitas, media BK

Full Text:

PDF

References


Antara, I.N.R., dkk. 2014. Pengaruh Kesiapan dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri I Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No. 1 Tahun 2014

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Darsono, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 1 Januari 2013 Hal. 27 – 31

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Ormrod, J.E. 2009. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga

Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Suharnan. 2011. Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros

Sujiono,Bambang & Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia

Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Sunaryo. 2009. Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Mimbar Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor 2/XXVIII/2009

Supardi. tth. Peran Berprikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2 (3): 248 – 262. Universitas Indraprasta PGRI

Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Wibowo, S.M. 2008. Pengembangan Kreatifitas. Disampaikan dalam Semiloka Guru TK. Taruna Bakti Tanggal 23 Februari 2008


Article Metrics

Abstract has been read : 1588 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.