KREATIVITAS PENGEMBANGAN MEDIA LAYANAN BK DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING IKIP PGRI MADIUN
Abstract
Keberhasilan mahasiswa untuk menyelesaikan beban kurikuler adalah suatu hal yang penting. Pada mahasiswa program studi bimbingan dan konseling terdapat mata kuliah yang mewajibkan mahasiswa untuk melakukan praktik layanan bimbingan dan konseling dalam format klasikal, kelompok dan individual. Guna menarik minat konseli ketika mahasiswa yang sedang melakukan praktik melaksanakan layanan, maka mahasiswa harus mampu mengembangkan kreatifitasnya untuk mengembangkan media, yaitu media bimbingan dan konseling.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kesiapan belajar dengan kreatifitas pengembangan media layanan bimbingan dan konseling. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi bimbingan dan konseling IKIP PGRI MADIUN semester 5 tahun akademik 2014/2015 yang sedang menempuh mata kuliah PPL BK Mikro. Pengambilan sampel dilakukan secara random sehingga diperoleh sampel sebanyak 92 mahasiswa, dari total populasi 125 mahasiswa. Analisis data penelitian dilakukan dengan uji korelasi product moment.
Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,253 dengan taraf signifikansi 0,015 (p<0,05; signifikan). Hal ini menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara kesiapan belajar dengan kreativitas pengembangan media layanan bimbingan dan konseling. Guna meningkatkan kreativitas pengembangan media bimbingan dan konseling pada mahasiswa maka mahasiswa perlu didorong untuk meningkatkan kesiapan belajarnya, dengan cara menyiapkan perangkat belajar sebelum proses pembelajaran dimulai.
Kata kunci: kesiapan belajar, kreativitas, media BK
Full Text:
PDFReferences
Antara, I.N.R., dkk. 2014. Pengaruh Kesiapan dan Transfer Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi di SMA Negeri I Ubud. Jurnal Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4 No. 1 Tahun 2014
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Darsono, M. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar. Konselor. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 2 No. 1 Januari 2013 Hal. 27 – 31
Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Ormrod, J.E. 2009. Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga
Slameto. 2009. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suharnan. 2011. Kreativitas Teori dan Pengembangan. Surabaya: Laros
Sujiono,Bambang & Yuliani Nurani Sujiono. 2005. Menu Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Yayasan Citra Pendidikan Indonesia
Sukmadinata, N.S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sunaryo. 2009. Peningkatan Kemampuan dan Kreativitas Guru dalam Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas. Mimbar Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia. Nomor 2/XXVIII/2009
Supardi. tth. Peran Berprikir Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2 (3): 248 – 262. Universitas Indraprasta PGRI
Suryabrata, S. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Wibowo, S.M. 2008. Pengembangan Kreatifitas. Disampaikan dalam Semiloka Guru TK. Taruna Bakti Tanggal 23 Februari 2008
Article Metrics
Abstract has been read : 1588 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.452
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Counsellia is Indexed By:
Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.