STRATEGI MENGAJARKAN NILAI FAIR PLAY PADA PELATIH SEPAKBOLA DI KOTA MADIUN

Hagus Muryanto

Abstract


Tidak semua pelatih sepakbola memiliki pemahaman yang memadai tentang fair play, apalagi sampai mengajarkan nilai fair play pada para pemain sepakbola yang dilatihnya. Atas dasar itulah maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk memberikan beberapa cara yang tepat dalam mengajarkan nilai fair play kepada para pelatih sepak bola khususnya yang ada di kota madiun.

Metode penelitian menggunakan penelitian eksperimen, lokasi penelitian dilakukan di kota Madiun melibatkan seluruh klub yang ada di kota Madiun, sampel penelitian adalah para pelatih sepakbola, instrument penelitian menggunakan angket, analisis data menggunakan kuantitatif (uji t) dan kualitatif (interactive model).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan pemberian pelatihan fair play sebanyak 16 kali pertemuan yang diawali dengan pembahasan, penghayatan, praktik dan refleksi maka diperoleh suatu hasil bahwa strategi tersebut berhasil dengan efektif, hasil uji t menunjukkan pada pre test dan post test dengan hasil uji Independent sample t test adalah  P-Value lebih kecil dari α = 0,04 < 0,05 sedangkan hasil analisis interactive model menunjukkkan bahwa strategi dengan model fair play HIA berjalan efektif.

Simpulan dari hasil penelitian menunjukkan strategi pengajaran nilai fair play dapat digunakan sebagai strategi dalam mengajarkan fair play.

Full Text:

PDF

References


Joko Pekik Irianto, (2011), Pengantar Rakornis Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Jakarta, Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI.

John W.Creswell.(2010),Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta,Edisi 3. Pustaka Pelajar.

Moleong, J.L, (2010), MetodologiPenelitianKualitatif, Bandung, EdisiRevisi, RemajaRosdaKarya.

Trihendradi.(2011). LangkahMudahMelakukanAnalisisStatistikMenggunakan SPSS 19. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Sugiyono, (2010).MetodePenelitianKuantitatif, Kualitatifdan R&D,Bandung,CetakanKe 10, Alfabeta.

Ton van Klooster, JurRoemers, (2011), A Competency –Based Coach Education in the Netherlands, International Journal of Coaching Science, Vol 5, No 1, hal 71-81.

http://www.bicarabola.com/ 2009/ 08/ 11/ sejarah- kekerasan- dalam sepakbola.


Article Metrics

Abstract has been read : 881 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.