PENINGKATKAN SIKAP EMPATI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERBANTUAN TEKNIK PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS X.A.V.1 SMK NEGERI 1 JIWAN KABUPATEN MADIUN

Nuril Annissa Ekayanti, Vitalis Djarot Sumarwoto

Abstract


Secara psikologis, setiap manusia pada dasarnya memerlukan sikap empati dalam hidupnya. Sikap empati lebih dibutuhkan seseorang (siswa) dalam upaya menumbuhkembangkan rasa kepedulian yang mendalam kepada sesama manusia. Para psikologi perkembangan menegaskan bahwa sesungguhnya terdapat dua komponen empati, yaitu: reaksi emosi kepada orang lain, yang lebih berkembang dalam usia kehidupan anak; dan reaksi kognitif, yang menentukan sampai sejauh mana siswa mampu mampu memandang sesuatu sesuatu dari sudut pandang atau perspektif orang lain.

       Realitas di sekolah menunjukkan bahwa tidak semua individu (siswa) mampu mengembangkan sikap empati yang dimilikinya. Peristiwa ini dialami oleh siswa kelas X.AV.1 SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Terdapat 10 siswa yang mengalami sikap empati yang rendah, sehingga apabila perilaku tersebut dibiarkan maka akan menghambat perkembangan siswa selanjutnya. Salah satu solusi untuk meningkatkan empati siswa yang rendah tersebut adalah melalui bimbingan kelompok berbantuan teknik problem solving

       Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif layanan bimbingan kelompok berbantuan teknik problem solving dapat meningkatkan sikap  empati siswa kelas X AV 1 SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Sampel penelitian ini sebanyak 10 siswa kelas X AV 1SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun, yang terindikasi memiliki tingkat sikap empati rendah. Penetapan sampel penelitian menggunakan teknik diagnosis dengan cara menyebar angket awal.

       Penelitian ditempuh dengan menggunakan metode eksperimen, dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Bentuk eksperimen yang dilakukan dengan memberikan treatment sebanyak empat kali selama dua minggu, dengan rincian pertemuan dua kali dalam seminggu dengan alokasi waktu 120 menit/tatap muka. Analisis data menggunakatn teknik uji t-score.

       Hasil analisis data menunjukkan bahwa rhitung > rtabel (hipotesis penelitian diterima). Jadi dapat disimpulkan bahwa melalui layanan bimbingan kelompok berbantuan teknik problem solving dapat meningkatkan sikap empati siswa kelas X AV 1 SMK Negeri 1 Jiwan Kabupaten Madiun. Oleh sebab itu disarankan bahwa sekolah dapat memanfaatkan layanan bimbingan kelompok berbantuan problem solving sebagai teknik yang pantas dikembangkan untuk membina kepribadian individu.

 

Kata Kunci:  Sikap Empati, Bimbingan Kelompok Berbantuan Teknik Problem Solving

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penellitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Djamarah, S.B dan Zain, Aswan. 2010. Strategi Belajar Mengajar Edisi Revisi. Jakarta : Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisna. 2015. Statistik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

King, L.A. 2012. Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta : Salemba Humanika.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Presindo

Sarwono, S.W. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Shapiro, L. E. 1997. Mengajarkan Emotional Intelligence pada Anak. Terjemahan oleh Kantjono, A. T. (2003). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sukardi, D. K dan Kusmawati, Nila. 2008. Proses Bimbingan dan Konseling Disekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta.

Taufik. 2012. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Vitalis DS., Perilaku Manusia. Madiun: IKIP PGRI Madiun.


Article Metrics

Abstract has been read : 2095 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v5i2.448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.