Analisis perilaku cyberbullying ditinjau dari big five personality dan kemampuan literasi sosial media

Noviyanti Kartika Dewi, Dian Ratnaningtyas Affifah

Abstract


Bullying sudah mulai berevolusi menjadi Cyberbullying. Cyberbullying merupakan segala bentuk kekerasan (mengejek, menghina, mengintimidasi, atau mempermalukan) dengan memanfaatkan teknologi digital ataupun media sosial yang dilakukan oleh remaja kepada teman sebayanya. Kepribadian dilihat sebagai salah satu faktor yang berpengaruh terhadap terbentuknya perilaku cyberbullying. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perilaku cyberbullying dikalangan mahasiswa ditinjau dari trait big five personality dan kemampuan literasi media sosial. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas PGRI Madiun dengan jumlah sebanyak 350 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologis yang terdiri dari skala cyberbullying, big five personality dan literasi sosial media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku cyberbullying berada pada kategori rendah. Big five personality mahasiswa UNIPMA berada pada kategori Openness dan Extraversion sedangkan kemampuan literasi media mahasiswa UNIPMA berada pada kategori tinggi. Adapun korelasi antara cyberbullying dan big five peronality adalah negatif artinya semakin tinggi big five personality maka perilaku cyberbullying rendah. Begitupula dengan korelasi perilaku cyberbullying dengan literasi media juga berkorelasi negatif yang artinya semakin tinggi literasi media maka semakin rendah perilaku cyberbullyingnya.

 

Bullying has begun to evolve into Cyberbullying. Cyberbullying is all forms of violence (mocking, insulting, intimidating, or humiliating) by utilizing digital technology or social media by teenagers to their peers. Personality is seen as one of the factors that influence the formation of cyberbullying behavior. This study aims to examine cyberbullying behavior among students in terms of big five personality traits and social media literacy abilities. The population of this study was 350 students from the University of PGRI Madiun. The method of data collection uses a psychological scale consisting of the scale of cyberbullying, big five personality and social media literacy. The results showed that cyberbullying behavior was in the low category. The big five personality of UNIPMA students is in the Openness and Extraversion category while the media literacy abilities of UNIPMA students are in the high category. The correlation between cyberbullying and big five peronality is negative, which means the higher the big five personality, the lower cyberbullying behavior. Likewise, the behavior of cyberbullying correlations with media literacy is also negatively correlated, which means that the higher the media literacy, the lower the cyberbullying behavior.

Keywords


Cyberbullying, Big Five Personality,Literasi Sosial Media

Full Text:

PDF

References


Achmad. (2007). Literasi informasi : ketrampilan penting di era global*). Access, 1(April 2007), 1–8.

Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2017). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. Humaniora, 6(4), 470. https://doi.org/10.21512/humaniora.v6i4.3376

Dewi, N., & Trikusumaadi, S. K. (2017). Bahaya Kecanduan Internet dan Kecemasan Komunikasi terhadap Karakter Kerja Sama pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 43(3), 220. https://doi.org/10.22146/jpsi.16829

Evawani Elysa Lubis Rumyeni, . (2013). Analisis Tingkat Literasi Media Mahasiswa Di Jurusan Ilmu Komunikasi. Politik, Birokrasi Dan Perubahan Sosial Dalam Upaya Membangun Karakter Bangsa, (November), 1–19. Retrieved from https://repository.unri.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/7358/Artikel Literasi Media%2C Evawani EL.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Fatria, R. Q. (2018). Prosiding Konferensi Nasional Peneliti Muda Psikologi Indonesia 2018. Gambaran Perilaku Cyberbullying Mahasiswa Universitas Pancasila, 3 No 1(1), 13–18.

Fikawati Sandra, S. A. dan V. A. (2017). Cegah Stunting itu Penting. 1–27.

Gantina, Komalasari; Nabilah ; & Eka, W. (2012). STUDI PERILAKU CYBERBULLYING SISWA SMAN DI DKI JAKARTA. Jurnal Inshight, 1 No 1, 3–12. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1166

Ghony, M.d & Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Kristiyono, J. (2017). Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat. Scriptura, 5(1), 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30

Mastuti, E. (2005). Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi dari IPIP) pada Mahasiswa Suku Jawa. Insan, 7(3), 264–276.

Novaldi. (2017). Pakar IT: Tangkal Hoax dengan Literasi Media. Kominfo. Retrieved from https://kominfo.go.id/content/detail/9725/pakar-it-tangkal-hoax-dengan-literasi-media/0/sorotan_media

Pratama, R. A. (2016). Awas Cyberbullying Sebabkan Kematian! Retrieved from http://isolapos.com/2016/06/awas-cyberbullying-sebabkan-kematian/

Ramdhani, N. (2016). Emosi Moral dan Empati pada Pelaku Perundungan-siber. Jurnal Psikologi, 43(1), 66. https://doi.org/10.22146/jpsi.12955

Reynaldo, R., & Sokang, Y. A. (2017). Mahasiswa dan Internet: Dua Sisi Mata Uang? Problematic Internet Use pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 43(2), 107. https://doi.org/10.22146/jpsi.17276

Sagita, D. R., Mamesah, M., & Filliani, R. (2012). GAMBARAN PERILAKU CYBERBULLYING SISWA DI SMK NEGERI 30 JAKARTA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Insight, Vol 1 No 2, 83–88. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1492

Satalina, D. (2014). Kecenderungan Perilaku Cyberbullying Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 2 No 2 Jan, 294–310. Retrieved from https://www.bps.go.id/dynamictable/2018/05/18/1337/persentase-panjang-jalan-tol-yang-beroperasi-menurut-operatornya-2014.html

Sugiharto, B. A. (2016). Pengguna Internet di Indonesia Didominasi Anak Muda.

Widyahastuti, R. (2016). Pengaruh Kepribadian (Big Five Personality) Terhadap Multitasking. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang skripsi tidak diterbitkan.

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved from http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278 Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di Era Global.pdf. diakses pada; hari/tgl; sabtu, 3 November 2018. jam; 00:26, wib.

Willard, N. (2005). Cyberbullying and cyberthreats. Washington: U.S. Department of Education.


Article Metrics

Abstract has been read : 113 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v9i1.4301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.


Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.