Pengembangan modul penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif di Sekolah Menengah Kejuruan

Nindiya Eka Safitri

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul penyusunan program bimbingan dan konseling komprehensif di Sekolah Menengah Kejuruan. Jenis penelitian yang digunakan adalah RnD dengan model 4D (Define, Design, Development dan Dissemination). Subjek penelitian adalah guru BK SMK Negeri di se-Kota Yogyakarta yang telah bersertifikat (purposive sampling), sejumlah 25 orang. Instrumen terdiri dari lembar pengamatan dan tes pemahaman yang divalidasi oleh ahli (expert judgement). Untuk uji ahli materi dan media menggunakan instrumen lembar pengamatan ahli. Sedangkan uji coba produk instrument lembar penilaian pengguna produk. Untuk menguji efektivitas produk, maka diberikan tes pemahaman materi. Hasil uji ahli media memperoleh skor sebesar 73,44 dengan kategori “Baik”. Hasil uji ahli materi memperoleh skor sebesar 86,85 dengan kategori “Sangat Baik”. Sedangkan hasil uji coba lapangan (uji keterbacaan modul) memperoleh skor 80 dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil uji efektifitas modul menunjukkan adanya peningkatan pemahaman guru sebesar 1,52. Hasil konsultasi dengan tabel distribusi t diperoleh perbandingan t0,05<t0,01<t, yaitu 2,08<2,80<5,60. Perbandingan ini memiliki arti bahwa penggunaan modul memiliki pengaruh positif (signifikan) baik pada taraf signifikansi t0,05 maupun taraf signifikansi t0,01. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan modul telah terlaksana dan efektif dalam meningkatkan pemahaman guru BK  dalam menyusun program BK komprehensif di SMK.

Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Komprehensif, SMK

 

Abstract

This research aims to develop modules drafting a comprehensive guidance and counseling program in Vocational High School. This type of research is the research and development. The subjects were guidance and counseling teachers at SMK as the city of Yogyakarta that has been certified (purposive sampling), some 25 people. The instruments used consist of sheets of observation and comprehension tests were validated by an expert (expert judgment). To test the material and media experts using expert observation sheet instruments. While testing instrument products sheet product user ratings. To test the effectiveness of the product, then given a comprehension test material. Media expert test results given a score of 73.44 in the category of "Good". The test results matter experts given a score of 86.85 with the category of "Very Good". While the results of field trials (legibility test module) received a score of 80 in the category of "Very Good". The effectiveness of the module test results showed an increase teacher understanding of 1.52. result   consultation with the t distribution table for the comparison of t 0.05 <t 0.01 <t, namely 2.08 <2.80 <5.60. This comparison has meant that the use of the modules has a positive influence (significant) whether or 0.05 significance level t t 0.01 significance level. This suggests that the development of the module has been accomplished and effective in improving the understanding of guidance and counseling teachers in drafting a comprehensive guidance and counseling program at VHS.

Keywords: Guidance and Counseling, Comprehensive, Vocational High School

Keywords


bimbingan dan konseling, komprehensif, SMK

Full Text:

PDF

References


American School Counselor Association. (2012). The ASCA National Model: A Frame work For School Counseling Program. Third Edition. Alexandria, VA: Author.

Dollarhide. (2011). Comprehensive School Counseling Programs: K-12 Delivery Systems in Action (2nd Edition). Pearson.

Gysbers, N.C. & Henderson P. (2012). Developing and Managing Your School Guidance and Counseling Program FIFTH Edition. Alexandria : American Counseling Assosiation.

Hasan, S. U. N., & Bhakti, C. P. (2016). Guidance and Counselling: A Comparison between Indonesia and Malaysia. Scientific Journal of PPI-UKM, 3(6), 267-271.

Juliwantoro. (2016). Profil Tingkat Pemahaman Guru BK Dalam Menyusun Program BK Komprehensif SMK Negeri se-Kota Yogyakarta. Jurnal Skripsi Bimbingan dan Konseling UAD, September 2016.

Juntika. (2011). Membangun Peradaban Bangsa Indonesia Melalui Pendidikan dan Komprehensif Bernutu. Pidato Pengukuhan Prof. Dr. H. Juntika, M.Pd sebagai Guru Besar/Profesor dalam Bidang Bimbingan dan Konseling Pada Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, 15 November 2011.

Mulyatingsih, Endang. (2011). Riset Terapan: Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Nurrahmi, Hesty. (2015). Kompetensi Profesional Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Dakwah Alhikmah, Vol. 9, No.1. Pontianak: IAIN Pontianak.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling Pada Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 27 Tahun 2008 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Konselor.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Mengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Sutoyo, Anwar, dkk. (2015). Bimbingan dan Konseling Perkembangan. Semarang: Pasca Sarjana Bimbingan dan Konseling UNNES.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Article Metrics

Abstract has been read : 2898 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v7i2.1772

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.