PENGARUH KEDISIPLINAN PENGGUNAAN WAKTU LUANG UNTUK BELAJAR ANTARA PRIA DENGAN WANITA

Vitalis Djarot Sumarwoto

Abstract


Tujuan penelitian ini hakikatnya ingin mengetahui perbedaan kedisiplinan
menggunakan waktu luang antara siswa pria dengan siswa wanita pada siswa kelas XI
SMA Negeri I PGRI Maospati Magetan tahun pelajaran 2010-2011. Masalah dalam
penelitian ini akan menjadi lebih konkrit apabila dirumuskan sebagai berikut:
“Pengaruh kedisiplinan penggunaan waktu luang untuk belajar terhadap siswa pria
dengan siswa wanita”.
Metode penelitian adalah eksperimen, yaitu cara mengadakan pengamatan
kepada kelompok responden. Pengamatan dilakukan pada pertengahan bulan Januari
sampai pertemngahan bulan Februari tahun 2011. Pelaksanaan eksperimen melibatkan
konselor sekolah tempat penelitian. Penelitian ini dilaksanakandi SMA PGRI I
Maospati Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2010-2011. Sampel penelitian terdiri
dari dua kelompok, yaitu kelompok siswa pria dan kelompok siswa wanita. Jumlah
anggota masing-masing kelompok adalah 30 siswa, dan ditetapan dengan teknik
random sampling. Pengumpulan data penelitian dengan teknik angket.Analisis data
menggunakan teknik statistik, dengan rumus bangun t-score.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan kedisplinan
penggunaan watu luang untuk belajar antara siswa pria dan siswa wanita pada siswa
kelas XI SMA PGRI 1 Maospati Kabupaten Magetan tahun pelajaran 2010-2011, dan
(2) kedisiplinan siswa wanita dalam menggunakan waktu luang untuk belajar lebih
baik jika dibandingkan dengan siswa pria.


Keywords


kedisiplinan;waktu luang;pria;wanita

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 673 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v1i1.152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.