Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Simulasi untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa

Harning Skripta Mayasari, Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo

Abstract


Karir merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi siswa. Hal tersebut tidak lain karena karir merupakan salah satu aspek dalam diri siswa yang harus dipenuhi. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk memperluas dan mendalami berbagai macam hal seputar karir dapat dilakukan dengan mengeksplorasi karir. Oleh karenanya, penelitian ini ditujukan untuk membantu meningkatkan eksplorasi karir siswa dan untuk mengetahui efektif tidaknya layanan bimbingan kelompok teknik permaianan simulasi untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa. Pada pelaksanaannya, peningkatan eksplorasi karir tersebut mengacu pada tiga indikator yang ada pada eksplorasi karir, diantaranya; informasi, perencanaan dan membuat keputusan.  Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah quasi experimental dengan pretest-posttest control gorup design. Lebih jauh lagi, pada penlitian ini sampel dipilih secara acak tanpa mempertimbangkan hal-hal tertentu (simple random sampling). Sampel pada penelitian ini adalah 16 santriwati kelas XII C SMA Trensains Muhammadiyah Sragen, dengan ketentuan 8 santriwati sebagai kelompok eksperimen dan 8 santriwati lainnya sebagai kelompok kontrol. Melalui penelitian dan analisis data yang telah dilakukan menggunakan uji independent sampel t-test, maka diperoleh hasil bahwa nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,100 > 0,05 yang artinya layanan bimbingan kelompok teknik permainan simulasi tidak efektif untuk meningkatkan eksplorasi karir siswa.

Keywords


Bimbingan Kelompok; Permainan Simulasi; Eksplorasi Karir

Full Text:

PDF

References


Agungbudiprabowo, A., Nurhudaya, N., & Budiamin, A. (2018). Efektivitas Program Bimbingan Karir Berbasis Teori Super untuk Mengembangkan Identitas Vokasional Remaja. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 14-24.

Albar, D. (2019). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karier Melalui Eksplorasi Minat dalam Perencanaan Karier Peserta Didik Kelas IX di SMPN 4 Bandarlampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Amanda, E. N. (2018). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Tekhnik Informasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs AL-Hikmah Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Anwar, M. K. (2017). Model Eksplorasi Karir Sebagai Upaya Persiapan Karir Siswa dalam Menghadapi Asean Global. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(1).

Anwar, M. K. (2016). Pengembangan Buku Kerja Eksplorasi Karier Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama Ali Maksum Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skalais magister, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta

Badan Pusat Statistik. (2020). Data Pengangguran Februari 2020. Diakses dari https://www.bps.go.id pada tanggal 11 November 2020 pukul 16.11 WIB.

Campbell, D.T. and Stanley, J.C. (2015) Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Ravenio Books.

Choiriyah, N. (2020). Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Simulasi Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Peserta Didik Kelas VIII di SMP NEGERI 1 Jati Agung Lampung Selatan Tahun Ajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Corey, Gerald. (2012). Theory and Practice of Group Counseling, 8th Edition. USA: Cengage Learning

Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain dan Permainan Anak Usia Dini di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). aṣ-ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 27-36.

Febriani, F. (2019). Upaya Guru Pembimbing dalam Memberikan Bimbingan Karir Terhadap Kematangan Siswa Kelas Xi Jurusan Dkv Di Smk It Khoiru Ummah (Doctoral dissertation, IAIN Curup).

Firosad, A. M. Menilik Kajian Konseling Karir. Jurnal Al-Taujih, 4(2), 104-115.

Hediyati, D. (2019). Analisis Eksplorasi dan Perencanaan Karir Siswa Kelas XI di SMA Negeri Se-Kecamatan Ciamis (Doctoral dissertation, UNNES).

Hijri, S. F. F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan Eksplorasi Karier dengan Kebimbangan Karier Pada Siswa SMA Kelas XII di JABODETABEK. Schema: Journal of Psychological Research, 128-139.

Janah, M. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas XII SMA Negeri 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017 (Doctoral dissertation, IAIN Raden Intan Lampung).

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan Bimbingan Karir dalam Peningkatan Kematangan Eksplorasi Karir Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Korohama, K. E. P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2017). Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 68-76.

Larastuti, A. V. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Simulasi Game Untuk Meningkatkan Eksplorasi Karir Siswa Kelas IV SMP Muhammadiyah 1 Moyudan (Doctoral dissertation, Universitas Ahmad Dahlan).

Martini, E., Saputra, W. N. E., & Malik, A. (2020). Peningkatan Ketrampilan Eksplorasi Karir Melalui Bimbingan Klasikal Teknik Project Based Learning Pada Siswa Kelas X BDP 3 di SMK Negeri 1 Kebumen.

Mirawati, M., & Rahmawati, E. (2017). Permainan Modifikasi Untuk Stimulasi Keterampilan Gerak Dasar Manipulatif Anak Usia 2-4 Tahun. Early Childhood: Jurnal Pendidikan, 1(2), 38-50.

Nasution, H. P. P. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Teknik Permainan Terhadap Pengendalian Emosi Siswa Di MAS Al-Ittihadiyah Mamiyai Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatea Utara Medan).

Normanita, R. W., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan Interaksi Sosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 1-7.

Novella, L. Pengaruh character strengths dan dukungan sosial keluarga terhadap perilaku eksplorasi karir pada siswa kelas IX di Jakarta Selatan (Master's thesis, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Nurhidayati, D. D. (2016). Peningkatan pemahaman manajemen waktu melalui bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa. Universitas Ahmad Dahlan, 5(1), 1-12.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014. Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. Pedoman Bimbingan dan Konseling.

Prayitno, & Amti, Erman. (2015). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Priyatno, T. (2016). Upaya Meningkatkan Pemahaman Eksplorasi Karir Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi Kelompok. PSIKOPEDAGOGIA, 5(1), 49-56

Purwanta, E., (2012). Faktor Yang Mempengaruhi Eksplorasi Karir Siswa SLTP. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2) 228-243.

Rahman, F. A., & Bhakti, C. P. (2020, September). Implementasi Eksplorasi Karier Siswa di Era New Normal. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (pp. 36-42).

Rahmawati, A. R., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Pilihan Karir. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(2).

Romlah, Tatiek. (2006). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sinaga, I. N. (2019). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Keterampilan Berkomunikasi Siswa Kelas X MAN Kisaran. Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan dan Konseling Islami, 1(2), 106-116.

Sulistiawan, H., & Kamaruzzaman, K. (2020). Orientasi Karir Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling IKIP PGRI Pontianak. Khazanah Pendidikan, 13(2).

Trishaputri, B., Lasan, B. B., & Rahman, D. H. (2020, August). Pengembangan Panduan Eksplorasi Karier Di Era Industri 4.0 Siswa SMK Negeri 2 Malang. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang (pp. 1-8).

Yuliandita, S. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Pemahaman Self-Control Siswa Kelas IX Di SMP N 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Ajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)


Article Metrics

Abstract has been read : 2029 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/counsellia.v12i1.10527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Counsellia is Indexed By:


Counsellia Office:
Universitas PGRI Madiun
Program Studi Bimbingan dan Konseling
 

View Counsellia Stats


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.