PEMBERIAN LAYANAN BIMBINGAN PRIBADI SOSIAL DALAM MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.25273/counsellia.v6i2.1015Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya anak yang kurang memiliki perilaku prososial terhadap teman atau lingkungannya. Melalui program pemberian layanan bimbingan pribadi sosial yang terencana diharapkan mampu menumbuhkan perilaku prososial anak usia dini. Penelitian ini dilakukan di Paud Kuncup Harapan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.Observasi digunakan untuk mengetahui keadaan atau kondisi yang berkaitan dengan layanan bimbingan pribadi sosial dalam menumbuhkan perilaku prososial siswa. Observasi dilakukan pada saat kegiatan pembelajaran. Wawancara dalam penelitian ini adalah percakapan dengan maksud tertentu. Peneliti membuat format wawancara yang terkait dengan pelayanan bimbingan pribadi sosial terkait dengan perilaku prososial. Dengan pemberian layanan bimbingan pribadi sosial dalam kegiatan pembelajaran anak usia dini terdapat perubahan sikap terkait perilaku prosial mereka. Anak mulai bisa mengerti akan perilaku untuk peduli kepada orang lain. Ada 6 siswa sudah memiliki prilaku prososial yang baik dan konsisten, 3 siswa yang sudah mampu memiliki perilaku prososial tetapi kurang konsisten dan 3 siswa belum mampu memiliki perilaku prososial atas kesadarannya sendiri. Anak usia dini dapat menunjukkan perilaku sosialnya kepada teman, guru dan lingkungannya.
Â
Kata Kunci:Â Â Layanan Bimbingan Pribadi Sosial, Perilaku Prososial, Anak Usia DiniDownloads
References
Dayakisni, T dan Hudaniah. 2006. Psikologi Sosial. UMM Press
Hadi S. 1988. Statistik. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM
---------. 2001. Metodologi Researd Jilid 2. Yogyakarta: Andi
Idris. 2015. Bimbingan dan Konseling (Implemtasi pada Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima.
Mussen, .H. Conger, J.J And Kagan, J. (1989) Child develoment and ersonality (Fifth Edition). Haper and row publisher.http://digilib.uinsby.ac.id/10881/5/bab%202.pdf diakses tanggal 12 Oktober 2016
Nuryanti Lusi. 2008. Psikologi Anak. Jakarta: Indeks
Ormord J,E. 2008. Sikolgi Pendidikan Jilid I. Jakarta: Erlangga
Petmonodewo,S. 2003. Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: PT. RinekaCipta.
Prastiti Binar. 2008. Psikologi Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Sarwono, S.W. 2002. Psikologis Sosial Individu dan teori-teori sikologi sosial. Jakarta: Balai pustaka.
Syaodiah, Agustin. 2010. Bimbingan Konseling Anak Usia Dini. Jakarta:UT.
Yusuf, S & Nurikhsan, A, Juntika.2006. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
In order to be accepted and published by Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, the author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript the author(s) agreed to the following terms:
The copyright of received articles shall be assigned to Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling with an acknowledgement of initial publication to this journal.
Author sent the copyright transfer form (here) to the journal.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.