PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DESA PURWODADI KECAMATAN BARAT KABUPATEN MAGETAN TAHUN 1990-2010

Debi Setiawati, Warih Yudo Sanjoyo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap perkembangan sosial budaya Desa Purwodadi Kecamatan Barat Kabupaten Magetan tahun 1990-2010. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara mendalam, mencatat dokumen dan arsip. Validitas data diperoleh melaui trianggulasi sumber, dan teknik. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tahun 1990-an hampir seluruh masyarakat Desa Purwodadi menggantungkan kehidupannya pada sektor pertanian. Perubahan sosial diawali dengan semakin menyempitnya lahan pertanian serta sektor pertanian tidak lagi menjanjikan kemapanan status sosial. Yang dilakukan masyarakat Purwodadi adalah menyewakan lahan kepada penyewa perorangan maupun PG Purwodadie. Struktur sosial perlahan mulai berubah. Nilai-nilai sosial gotong royong mulai luntur. Satu-satunya yang masih tersisa adalah tradisi Bersih Desa. Desa Purwodadi sebagai bekas pusat Pemerintahan Kadipaten Purwodadi yang berlatar belakang agama Islam membawa dampak pada tumbuh dan berkembangnya kesenian-kesenian yang bernafaskan Islam, antara lain terbang, gembrung, dan jedor. Kesenian-kesenian tersebut pernah ada di Desa Purwodadi sebelum tahun 1990-an, saat ini mulai tergeser oleh bentuk-bentuk kesenian modern yang lebih mementingkan aspek hiburan.

Keywords


Desa; Sosial Budaya

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract has been read : 305 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v2i1.768

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats