Internalisasi nilai-nilai nasionalisme di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in Krempyang Kabupaten Nganjuk

Nur Huda, S Soebijantoro, Anjar Mukti Wibowo

Abstract


Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam dengan berbagai kekhasannya. Keberadaan pesantren semakin penting di era perkembangan teknologi informasi yang berdampak pada perubahan nilai-nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kurikulum Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in Krempyang dan internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajarannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data dengan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pondok pesantren Miftahul Mubtadi’in menerapkan kurikulum Salafiyah yang disusun berdasarkan kebijakan yayasan dan kurikulum formal (madrasah) dari Kementerian Agama Republik Indonesia; 2) Internalisasi nilai-nilai nasionalisme di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in Krempyang berdasarkan muatan kurikulumnya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan formal (madrasah) dan kegiatan-kegiatan dalam pelaksanaan kurikulum salafiyah yang  memadukan kajian kebangsaan dalam kurikulum formal dengan kurikulum salafiyah yang berbasis ilmu agama Islam.

Keywords


internalisasi; nasionalisme; nilai; Pondok Pesantren

Full Text:

PDF

References


Chalik, Abdul. (2011). Kiprah Tradisional yang Tersisih : Pesantren dalam Bingkai Sejarah, Peran, dan Pandangan Bag.1, Yogyakarta : Interpena.

Firdaus dan Zamzam, F. (2018). Aplikasi Metodologi Penelitian. Yogyakarta : Deepublish.

Galba, Sindu. (1991), Pesantren Sebagai Wadah Komunikasi, Jakarta.

Hartono, Y dkk. (2019). Dari Indoktrinasi ke Internalisasi, Praksis Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Sejarah. Surakarta: UNS Press.

Hartono, Y. (2020). Sejarah Pesantren Pendidikan Keislaman dan Keindonesiaan. Madiun: UNIPMA Press.

Hermawan, Iwan. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan Mixed Method. Kuningan : Hidayatul Qur’an Kuningan.

Ismail, M. (2011). Pesantren dan perubahan sosial. Jurnal Sosiologi Islam, 1(1).

Kartika, I. M. Pengertian. (tt). Peranan dan Fungsi Kurikulum. Denpasar: FKIP Universitas Dwijendra Denpasar.

Kusumawardani, A., & Faturochman, M. A. (2004). Nasionalisme. Buletin Psikologi, 12(2).

Luthfiyah dan Fitrah, M. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi : Jejak.

Nurul Huda dan Abd Kholiq, ed. (2002). Dinamika Pesantren dan Madrasah. Yogyakarta: Kerjasama IAIN Walisongo Semarang dengan Pustaka Pelajar.

Ranjabar, Jacobus. (2014), Profil Indonesia, Bandung : Alfabeta

Shiddiq, A. (2015). Tradisi Akademik Pesantren. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 218-229.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Suharto, Babun. (2016). Menata ulang PTKI Menghadapi Pasar Bebas ASEAN, Yogyakarta : LkiS Printing Cemerlang.

Sulfemi, W. B. (2019). Manajemen Kurikulum di Sekolah.

Sumar, Warni Tune. (2018), Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Budaya Kearifan Lokal, Yogyakarta : Deepublish.

Sumintono, B. (2013). Isu Pengembangan Kurikulum Baru. Issues on New Curriculum Development]. A paper presented at Focus Group Discussion–Indonesian Students Association (PPI) at UTM (Malaysia University of Technology), Johor Bahru, Malaysia, on April, 27.

Sumintono, Bambang. (2013). Isu Pengembangan Kurikulum baru, Jurnal University Teknologi Malaysia.

Zuhairini, dkk. (1997). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 679 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v12i1.11956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats