Perempuan dalam iklan media massa di Jawa tahun 1930-an: Sebuah analisis wacana multimodal

Rinda Handayani, Danan Tricahyono

Abstract


Pendudukan Belanda di Nusantara berpengaruh terhadap struktur kehidupan masyarakat. Pengaruhnya dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, dan budaya. Salah satunya tentang representasi perempuan Jawa melalui iklan. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi eksternal dan internal, interpretasi dengan pendekatan analisis wacana multimodal untuk melihat sebuah gambar dikombinasikan dengan teks dan tata letak membentuk wacana yang dapat dipahami orang banyak, sehingga tergambar praksis sosialnya berkenaan aktivitas sosial beserta tatanan sosial masyarakat, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukan jika iklan memainkan peran sebagai tulang punggung finansial bagi keberlangsungan industri pers. Iklan yang termuat dalam surat kabar dan majalah memiliki kredibilitas tinggi sebagai alat perekam dinamika masyarakat sehingga digunakan merekonstruksi perubahan masyarakat. Menariknya beberapa iklan selalu terdapat sosok perempuan. Ternyata dibalik sosok perempuan terdapat wacana yang ingin disampaikan pembuat iklan. Wacana tersebut diantaranya seksime untuk menarik minat laki-laki terhadap suatu produk. Terdapat pula wacana yang berhubungan dengan imperialisme, kolonialisme, dan kapitalisme terkait citra perempuan. Kaum bumiputra coba dibentuk pola berpikirnya jika citra perempuan ideal dan cantik seperti di Barat. Pada saat yang sama, iklan seperti itu menghadirkan kolonisasi sebagai hal yang suci dan mewah tanpa melewatkan acuan rasis yang menempatkan orang kulit putih sebagai representasi manusia yang superior yang berbudaya dan beradab.

Keywords


perempuan; iklan; wacana

Full Text:

PDF

References


Adil. (1938, July 30).

Andalas, E. F., & Prihatini, A. (2018). Representasi Perempuan dalam Tulisan dan Gambar Bak Belakang Truk: Analisis Wacana Kritis Multimodal Terhadap Bahasa Seksis. Jurnal Satwika, 2(1), 1. https://doi.org/10.22219/satwika.vol2.no1.1-19

Bintang Timoer. (1932, October 6). p. 7.

Bintang Timoer. (1934, April 23).

De-Stuers, C. V. (2017). Sejarah Perempuan Indonesia (Gerakan dan Pencapaian). Depok: Komunitas Bambu.

Economy Blad. (1932, June 3).

Fitriana, A. (2019). Representasi Perempuan Jawa Dalam Serat Wulang Putri: Analisis Wacana Kritis. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 9(3), 213. https://doi.org/10.17510/paradigma.v9i3.322

Frederick, W. H., & Soeroto, S. (2017). Pemahaman Sejarah Indonesia Sebelum dan Sesudah Revolusi. Jakarta: LP3ES.

Habsari, N.T., Hiuda, K. (2018). Model Pembelajaran VCT Kajian Perempuan Sikep Dan Ham Untuk Penguatan Nilai Kearifan. Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 219–228. Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. https://doi.org/doi.org/10.24071/snfkip.2018.23.

Hamid, A. ., & Madjid, M. . (2011). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Huda, K & Wibowo, A. (2018). Peran Perempuan Kapuk Dalam Perekonomian Suku Samin Tapelan. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 11(1), 107–124. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/palastren.v11i1.2589.

Huda, K. (2020). Peran Perempuan Samin Dalam Budaya Patriarki Di Masyarakat Lokal Bojonegoro. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 14(1), 76–90. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/ajsp.v9i1.3638.

Kasiyan. (2008). Manipulasi dan Dehumanisasi Perempuan dalam Iklan. Yogyakarta: Ombak.

Kedjawen. (1937, November 17).

Kress, G. & Van Leeuwen, T. (2006). Reading Images: The Grammar of Visual Design. London: Routledge.

Kuntowijoyo. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Bentang Budaya.

Madjid, Dien, M., & Wahyudhi, J. (2014). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Jakarta: Kencana.

Melianti, E., Wibowo, A. (2019). Peran Perempuan Papua dalam Peningkatan Ekonomoni Keluarga di Kelurahan Wonosari Jaya Distrik Wania (Nilai Budaya dan Potensinya Sebagai Sumber Pembelajaran IPS SMP). Gulawentah, 4(2), 78–84. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/gulawentah.v4i2.5523.

Niel, R. Van. (1984). Munculnya Elite Modern Indonesia. Jakarta: Pustaka Jaya.

Padmo, S. (1991). Depresi Ekonomi dan Dampaknya Terhadap Hindia Belanda. Humaniora, (2). https://doi.org/https://doi.org/doi.org/10.22146/jh.v0i2.2159

Priyatna, A. (2013). Becoming White: Representasi ras, kelas, Feminitas dan Globalisasi dalam iklan Sabun. Bandung: Pustaka Maharani.

Purwanto, B. (2013). Membangun Kesadaran Teoritis dan Metodologis Dalam Historiografi Indonesiasentris. Makalah Disajikan Dalam Kuliah Umum Yang Diselenggarakan Oleh Fakultas Ilmu Sosial, UM. Malang, Indonesia.

Riyanto, B. (2000). Iklan Surat Kabar dan Perubahan Masyarakat di Jawa Tahun 1870-1915. Yogyakarta: Terawang.

Sjamsudin. (2012). Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Subakti, B. (2004). Reka Reklame: Sejarah Periklanan Indonesia 1744-1984. Yogyakarta: Galang Press.

Surjomihardjo, A. (1980). Beberapa Segi Perkembangan Sejarah Pers di Indonesia. Jakarta: LEKNAS-LIPI.

Toer, P. A. (2001). Cerita Dari Digoel. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.


Article Metrics

Abstract has been read : 846 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/ajsp.v12i2.10800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya Indexed by: 

    

Copyright Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya ISSN 2087-8907 (printed) , ISSN 2052-2857(online)

Lisensi Creative Commons
Agastya: Jurnal Sejarah dan Pembelajarannya by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a  Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats