Penguatan dan Peningkatan UMKM Sambel Pecel melalui Pemasaran Berbasis Digital

Devytriana Ayu Arista, Angga Rizki Nalurika Putri, Dilla Putri Wiyana, Risma Nur Qomariyah, Aditya Gumelar Eko, Maya Yudia Putri, Endang Sri Maruti

Abstract


Permasalahan yang dihadapi UMKM Sambel Pecel di Desa Panjeng adalah pemasaran yang belum dapat menjangkau konsumen yang lebih luas dan juga kemasan produk yang belum terlihat menarik. Selama ini Bu Putri sebagai owner Sambel Kacang Ananda hanya memasarkan produknya memalui whatsapp. Dari permasalahan tersebut, mahasiswa KKN-T Kelompok 31 memberikan akan mengadakan pendampingan mulai dari proses produksi atau pengembangan produk,inovasi repackaging produk,penguatan rebranding merek, pelatihan penggunaan akun sosial media yaitu Instagram untuk membantu pemasaran, hingga pembuatan dan pelatihan penggunaan e-commerce berupa Shopee. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dirancang dengan baik dapat memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong penguatan dan peningkatan UMKM Sambel Pecel. UMKM Sambel Pecel akan mengalami peningkatan kompetensi dan keterampilan dalam pemasaran berbasis digital. Meningkatnya pemahaman tentang platform e-commerce, media sosial, dan strategi pemasaran online akan memberikan daya saing yang lebih baik.


Keywords


digital marketing; UMKM Sambel Pecel; Ponorogo

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322.

Hasbullah, R., Surahman, M., Yani, A., Almada, D. P., & Faizaty, E. N. (2014). Model pendampingan UMKM pangan melalui inkubator bisnis perguruan tinggi. Jurnal Ilmu Pertanian Indonesia, 19(1), 43–49.

Jannah, F. (2015). Inovasi Pendidikan Dalam Rangka Peningkatan Kualitas pembelajaran Melalui penelitian Tindakan Kelas. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP UNLAM, 1(1), 27–32.

Lugra Agusta Pranawa, I. P., & Abiyasa, A. P. (2019). Digital Marketing dan Hedonisme Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen Bisnis, 16(4), 58. https://doi.org/10.38043/jmb.v16i4.2250

Rasna, I. W. (2010). Obat tradisional di Kabupaten Buleleng dalam rangka pelestarian lingkungan : sebuah kajian ekolinguistik. Jurnal Bumi Lestari, 10(2), 321–332.

Sari, Y. P., Farida, I., & Hetika, H. (2019). Model Pendampingan Umkm Pengolahan Hasil Laut Dengan Metode Pendekatan Pendampingan Terintegrasi. Monex: Journal of Accounting Research, 8(1), 293–302.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam pengelolaan keuangan usaha guna peningkatan ekonomi masyarakat di distrik abepura jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185.


Article Metrics

Abstract has been read : 90 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/e-d.v2i2.19211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Devytriana Ayu Arista, Angga Rizki Nalurika Putri, Dilla Putri Wiyana, Risma Nur Qomariyah, Aditya Gumelar Eko, Maya Yudia Putri, Endang Sri Maruti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.