Optimalisasi Pemahaman Desain Pengelolaan Fasilitas Kelas melalui Kegiatan Bedah Kelas di Tingkat Sekolah Dasar Kabupaten Sumenep

Zainuddin Zainuddin, Mulyadi Mulyadi, Elvina Purwitasari

Abstract


Pelaksanaan pengabdian ini dengan maksud memotivasi guru meningkatkan perhatiannya pada komponen kelas yaitu siswa dan fasilitas kelas. Perhatian guru terhadap kelas khususnya pada fasilitas kelas dinilai kurang berkontribusi terhadap peningkatan capaian belajar siswa sehingga fasilitas kelas kurang dimanfaatkan sebagai media belajar bagi siswa. Kegiatan bedah kelas ini menggunakan pendekatan pengabdian yang dilakukan di SDN Karangduak 1 Kabupaten Sumenep untuk membantu lembaga dalam merancang interior kelas yang bersifat edukatif sesuai dengan kebutuhan siswa berdasarkan tingkat kognitifnya, berharap aktivitas belajar siswa lebih memanfaatkan fasilitas kelas, kenyamanan dan keamanan belajar siwa, motivasi dan capaian belajar siswa difasilitasi dengan maksimal, kemudian meningkatkan pemahaman guru terhadap pentingnya desain pengelolaan kelas. Metode pengabdian ini berbasis proyek pengabdian kelas diawali dengan pengamatan awal kelas, merancang desain fasilitas kelas sesuai tingkatan kelas fase A/kelas I di lanjutkan dengan mendesain ulang komponen kelas kemudian dilalaksanakan sosialiasai pada semua guru dan kepala sekolah. Hasil pengabdian pengelolaan fasilitas kelas 1) mengatur ulang fasilitas kelas 2) mendesain kelas dengan tema ocean 3) meningkatkan furnitur penguatan Literasi dan kedisiplinan belajar siswa di kelas 4) mewujudkan guru yang kreatif dan kepedulian terhadap lingkungan kelas


Keywords


Desain Fasilitas Kelas, Bedah Kelas

Full Text:

PDF

References


Ashadi, M. H., Priyana, J., Triastuti, A., & Putro, N. H. P. S. (2020). Teacher Education and Professional Development in Industry 4.0: Proceedings of the 4th International Conference on Teacher Education and Professional Development (InCoTEPD 2019), 13-14 November, 2019, Yogyakarta, Indonesia. CRC Press.

Aswat, H., Masri, M., Aminu, N., Fitriani, B., Onde, M. L. O., Sari, E. R., & Ashari, A. (2023). IMPLEMENTASI PROGRAM BEDAH POJOK BACA KELAS UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SISWA DI SEKOLAH DASAR. MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 230–242.

Faruqi, D. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan belajar siswa melalui pengelolaan kelas. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 294–310.

Lestari, Y., Rohiat, R., & Anggraini, D. (2017). Pengaruh Penataan Tempat Duduk terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V SD N 20 Kota Bengkulu. JPGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 61–65.

Mularsih, H., & Hartini, H. (2019). Pengelolaan Ruang Kelas Dalam Rangka Meningkatan Keefektifan Pembelajaran Di Pkbm Insan Cendikia. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 2(1).

Munadlir, A. (2016). Strategi sekolah dalam pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 114–130.

Novitasari, N., Habibah, F. H., Yuniar, D. V., Sulistiowati, I. S., Erlina, K. R., Umah, K., Hilya, N., Rahayu, R. N., Kholifah, S., & Mahfudhoh, S. (2022). Perancangan Kelas Desain Interior dalam Membentuk Pertumbuhan dan Perkembangan Anak. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 52–61.

Purnomo, B., & Aulia, F. (2018). Pelaksanaan Pengelolaan Kelas Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(1), 73–91.

Rizky, A. (2021). Kreativitas Penataan Kelas Dalam meningkatan Semangat Belajar di SDN Teupin Raya Aceh Timur. UIN Ar-Raniry.

Sari, T. T., & Kadarisman, K. (2021). Bedah Kelas Sebagai Salah Satu Alternatif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 225–236.

Zainuddin, Hardiansyah, F. (2023). Teacher Classroom Management Skills and Its Implementation in Primary School Learning. In Elementary School Forum (Mimbar Sekolah Dasar) (Vol. 10, No. 1, pp. 92-105). Indonesia University of Education. Jl. Mayor Abdurachman No. 211, Sumedang, Jawa Barat, 45322, Indonesia. Web site: https://ejournal. upi. edu/index. php/mimbar/index.


Article Metrics

Abstract has been read : 67 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/e-d.v2i2.18854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Zainuddin Zainuddin, Mulyadi Mulyadi, Elvina Purwitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.