Perancangan dan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana Kelompok Batik Lestari

Elana Era Yusdita, Tika Putri Lestari, Puji Lestari

Abstract


Tujuan pengabdian kepada Kelompok Batik Lestari ini adalah (1) mengidentifikasi kebutuhan produksi untuk mencari harga pokok produksi (HPP), (2) merancang skema pembagian hasil, (3) Merancang pencatatan kas keluar masuk dan menghasilkan laporan keuangan sederhana. Kegiatan ini melibatkan tim pengabdian masyarakat Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Madiun serta seluruh anggota aktif Kelompok Batik Lestari, Desa Sidomulyo, Kabupaten Madiun. Metode yang digunakan terdiri dari empat tahap dalam bulan Juni 2021, yaitu (1) survey pendahuluan menggunakan wawancara dan dokumentasi kepada ketua dan bendahara, (2) perancangan sistem pencatatan sederhana dan pembuatan Buku Ibu Produktif berdasarkan masalah yang teridentifikasi, (3) triangulasi kebutuhan pencatatan kepada anggota serta mencari solusi berdasarkan mufakat, pengenalan dan pelatihan pengisian Buku Ibu Produktif sebagai alternatif solusi, (4) evaluasi dan umpan balik. Hasil pengabdian ditinjau dari antusiasme selama kegiatan adalah baik, terlihat dari ibu-ibu yang aktif berdiskusi saat mengidentifikasi sumber daya dan dana produksi batik serta perhitungan harga pokok produksi. Buku Ibu Produktif merupakan luaran pengabdian yang dianggap dapat mencatat skema bagi hasil dengan adil dan akuntabel. Sistem pencatatan kas dapat meneruskan catatan lama dengan catatan konsistensi pencatatan dan klasifikasi kejadian harus konsisten. Hasil rekapitulasi kuesioner menunjukkan bahwa pengabdian ini bermanfaat untuk masyarakat, penjelasan dari tim pengabdian mudah dipahami, penjelasan juga menarik disimak, materi yang disampaikan dapat oleh masyarakat, materi ini juga dapat diaplikasikan secara mandiri di masa mendatang, dan pelatihan ini dapat menyelesaikan masalah yang terjadi di Kelompok Batik Lestari.

Keywords


Catatan keuangan sederhana; Laporan keuangan UMKM; Kelompok pengrajin batik

Full Text:

PDF

References


Dewi, S. R., Andari, Masitoh, M., & Oktaviani, S. (2021). PELATIHAN PEMBUKUAN KEUANGAN DAN PEMASARAN ONLINE BAGI USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH. KAIBON ABHINAYA: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 3(2), 79-86.

Diyani, L. A., Kusumawati, R., & Meita, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK-EMKM (Pelatihan untuk Pelaku UMKM Binaan Pemkot Bekasi). Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 222-232.

Gurendrawati, E., Murdayanti, Y., & Indriani, S. (2020). Pengembangan Potensi SDM Pesantren Melalui Pelatihan Pemahaman dan Pengetahuan Pengelolaan Keuangan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 20-36.

Imaningsih, N., & Wahed, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Keuangan Dan Profesionalisme Pengelolaan. JPM: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(1), 42-50.

Mintarti, Yusdita, E., Wuntu, W., Kurniawati, M., Sangadji, M., Diwyarthi, N., . . . Agustina, Y. (2021). Manajemen Pengabdian Masyarakat: Konsep Dasar dan Aplikasi. Yogyakarta: Diandra Kreatif.

Rahmawati, & Rusli, A. (2017). PELATIHAN DAN PEMBIMBINGAN PEMBUATAN SISTEM LAPORAN KEUANGAN. Jurnal Akuntansi, 3(1), 35-38.

Sastrodiharjo, I., Husadha, C., Dharmanto, A., Yoganingsih, T., & Handayani, M. (2021). PELATIHAN PELAPORAN KEUANGAN SEDERHANA UNTUK WIRAUSAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) . Suluh: Jurnal Abdimas, 3(1), 73-80.

Setyaningrum, F., & Yunista, M. (2018). STRATEGI LAPORAN KEUANGAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH. OPTIMA, II(2), 14-23.

Wawolangi, J. A., & Ferdinand, D. (2020). Peningkatan Kemampuan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK-EMKM. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 12(2), 135-148.

Widjaja, Y. R., Fajar, C., Bernardin, D., Mulyanti, D., & Nurdin, S. (2018). Penyusunan Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM Industri Konveksi. JURNAL ABDIMAS BSI, 1(1), 163-179.


Article Metrics

Abstract has been read : 114 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/e-d.v2i1.17734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Elana Era Yusdita, Tika Putri Lestari, Puji Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.