Pelatihan Keterampilan menjadi Pembawa Acara yang Baik pada Mahasiswa UNIPMA

Wahyuningsih Wahyuningsih, Wikanso Wikanso, Teja Insyaf Sukariyadi, Indra Puji Astuti, Ridam Dwi Laksono, Devi Cintia Kasimbara, Kodrat Eko Putro Setiawan

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini berupa pelatihan bagaimana menjadi pembawa acara yang  diadakan pada mahasiswa Universitas PGRI Madiun  Kampus Ngawi. Kemampuan berbicara sangat diperlukan sebagai bekal untuk masa depan. Metode yang digunakan adalah pemberian materi kemudian dilanjutkan praktik secara langsung oleh mahasiswa dan pendampingan. Materi yang disampaikan  terkait dengan keterampilan berbicara dan aspek lainnya untuk menjadi pembawa acara yang baik. Kegiatan praktik dilakukan oleh semua mahasiswa yang hadir sebanyak 12 orang disertai dengan pendampingan dari TIM yang memberi saran dan motivasi tentang penampilannya selama praktek menjadi pembawa acara.  Dengan adanya kegiatan ini, peserta mendapat pengetahuan baru tentang dasar dan teknik memandu suatu acara baik secara teori maupun praktek.

Keywords


Keterampilan; Pelatihan; Pembawa Acara

Full Text:

PDF

References


Fridayanthi, P.D., Puspawati, G.A.M. (2021). “Pelatihan dan Pendampingan Master of Ceremony (MC) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inonesia dan Daerah UPMI”. Jurnal PKM Widya Mahadi, 2(1), 2798-1614. DOI: https://doi.org/10.59672/widyamahadi.v2i1.1598

Huda, M., Rahmawati, A., Putri, E.N.,”Mengkonstruksi Keterampilan Sebagai Pembawa Acara pada Pengurus PKK Desa Karangrejo Kabupaten Karanganyar”. Jurnal PKM : Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(5), 506-514. DOI : http://dx.doi.org/10.30998/jurnalpkm.v4i5.6308

Maulan, A. (2000). Cara Berdiskusi, MC, dan Pidato. Gresik : Putra Pelajar

Taqwiem, A. , Luthfiyanti, L., Annisa, S. (2022) “Pelatihan Menjadi Pembawa Acara di SMAN 2 Banjarmasin”. BATUAH : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 77-83. DOI: https://doi.org/10.33654/batuah.v2i2.1910

Zhdanko, A. (2019). Identification of Cognitive Manipulations That Have The Greatest Impact on Students in The Internet. International Journal of Cognitive Research in Science, Engineering and Education (IJCRSEE), 7(1), 35-42.


Article Metrics

Abstract has been read : 167 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v2i1.17335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahyuningsih Wahyuningsih, Wikanso Wikanso, Teja Insyaf Sukariyadi, Indra Puji Astuti, Ridam Dwi Laksono, Devi Cintia Kasimbara, Kodrat Eko Putro Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.