Digitalisasi UMKM Guna Mendukung Upaya Pemerataan Ekonomi Desa Gentan Kabupaten Ponorogo

Arief Rahman Yusuf, Angga Prasetyo, Yovi Litanianda

Abstract


UMKM memberikan peluang bagi para pengusaha pemula atau individu yang ingin memulai bisnis dengan skala yang lebih kecil. UMKM memiliki kelebihan dalam fleksibilitas, inovasi, dan keterlibatan langsung dengan pelanggan. UMKM dengan modal terbatas menimbulkan permasalahan khusus diantaranya membatasi kemampuan UMKM untuk melakukan pemasaran dan branding yang efektif. Promosi, iklan, dan strategi pemasaran yang canggih seringkali memerlukan investasi yang signifikan, yang mungkin sulit diakses oleh UMKM dengan modal terbatas. Modal yang terbatas dapat membatasi kemampuan UMKM untuk melakukan pemasaran dan branding yang efektif. Promosi, iklan, dan strategi pemasaran yang canggih seringkali memerlukan investasi yang signifikan, yang mungkin sulit diakses oleh UMKM dengan modal terbatas. Pendanaan pengabdian Universitas Muhammadiyah Ponorogo membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi, yaitu dengan membantu untuk mendaftarkan dan memberikan pelatihan kepada UMKM ini ke aplikasi ecommerce sehingga kegiatan pemasaran dapat dikelola dengan lebih baik. Metode yang dilaksanakan untuk menerapkan aplikasi ini diantaranya mewawancarai pihak UMKM guna mendapatkan layanan yang tepat dengan bisnis UMKM, mendaftarkan UMKM ke aplikasi e-commerce dan sekaligus memberikan pelatihan bagi UMKM untuk menggunakan aplikasinya. Kegiatan ini bisa memberikan solusi tambahan untuk mengelola kegiatan bisnis UMKM disebabkan pengguna UMKM belum tebiasan dengan teknologi bebasis digital ini.


Keywords


Bisnis Digital, E-commerce, UMKM

Full Text:

PDF

References


Gumilang, R. R. (2019). IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN HASIL HOME INDUSTRI. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen , 10(1), 9–14. https://doi.org/10.32670/COOPETITION.V10I1.25

Hardilawati, W. laura. (2020). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 10(1). https://doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934

Rachmawati, D., Ramadhani, N., Aulia Komarullah, T., Psikologi, F., & Islam Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2021). Sosialisasi Peranan Digital Marketing Bagi UMKM Di Desa Ujung Genteng Socialization Of The Role Of Digital Marketing For UMKM In Ujung Genteng Village. PROCEEDINGS UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(29).

Shahnaz, N. B. F., & Wahyono. (2016). FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DI TOKO ONLINE. Management Analysis Journal.


Article Metrics

Abstract has been read : 155 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v2i1.17333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arief Rahman Yusuf, Angga Prasetyo, Yovi Litanianda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.