Pelatihan Robotik Menggunakan Arduino untuk Siswa SMPN 1 Selorejo

Umi Kholifah, Nurulita Imansari, Ihtiari Prastyaningrum, Rezza Wahyu Hidhayat, Mustika Jagad Gumelar

Abstract


Teknologi semakin berkembang setiap hari sehingga berpengaruh pada sektor pendidikan. Sebagai pelaku, pendidik dan peserta didik wajib merespon hal tersebut. Pembiasaan penggunaan teknologi dalam pembelajaran bagi peserta didik sejak dini akan membawa dampak yang positif. Salah satu bentuk teknologi yang sedang berkembang adalah papan arduino. Aplikasi dari ardunio yang sedang berkembang pesat yaitu robot. Pada prakteknya pembelajaran tentang robot dapat dilakukan melalui kegiatan edukatif sehingga siswa dapat mengimplementasikan sains secara mudah, murah dan menyenangkan. Berbekal pada hal tersebut pelatihan robot menggunakan arduino untuk siswa SMPN 1 Selorejo ini dilakukan. Metode yang digunakan adalah pelatihan dan pendampingan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu pra-kegiatan, pelaksanaan, dan pasca kegiatan. Setiap tahapan kegiatan berjalan dengan lancar. Semua kelompok siswa mampu menyelesaikan proyek dengan baik diukur dari keberhasil robot yang telah dibuat.


Keywords


Arduino; Robotik; Pelatihan; Pendampingan ; Line Follower

Full Text:

PDF

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047

Chandra, M., & Utomo, C. (2019). PELATIHAN SCRATCH CODING FOR KIDS DENGAN PENDEKATAN PERMAINAN DIGITAL DAN STORYTELLING DI. 01.

Hidayati, Q., Rachman, F. Z., Yanti, N., Jamal, N., & Suhaedi, S. (2017). Desain Model dan Simulasi PLC-Mikrokontroler sebagai Modul Pembelajaran Berbasis PLC. Jurnal Teknologi Rekayasa, 2(2), 73. https://doi.org/10.31544/jtera.v2.i2.2017.73-82

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Oky, O. (2018). Perancangan Robot Avoider Berbasis Arduino Uno Menggunakan Tiga Sensor Ultrasonik. EPIC : Journal of Electrical Power, Instrumentation and Control, 1(2), 1–11. https://doi.org/10.32493/epic.v1i2.1529

Pratama, R. A., & Permana, I. (2021). Simulasi Permodelan Menggunakan Sensor Suhu Berbasis Arduino. Edu Elektrika Journal, 10(1), 7–12. https://www.firgelliauto.com/

Pratiwi, H. I., & Handoko, P. (2019). Aplikasi Arduino Uno Pada Modul Robot Manusia Sebagai Mediasi Pengajaran Desain, Narasi Dan Simulasi. Widyakala Journal, 6(2), 150. https://doi.org/10.36262/widyakala.v6i2.196

Prihatiningrum, N., Barri, M. H., Pramudita, B. A., Fuadi, A. Z., Istiqomah, I., & Budiman, F. (2022). Workshop Arduino Untuk Menunjang Pembelajaran Stem Untuk Guru Ipa Smp. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(5), 3473–3481. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i5.9783

Putra, A. S., Aribowo, A., Informasi, S., Komputer, F. I., Harapan, U. P., Informasi, S., Komputer, F. I., & Harapan, U. P. (2022). Penelitian awal perancangan sistem smart hand wash assistant menggunakan aplikasi tinkercad. 7(2).

Ridarmin, R., Fauzansyah, F., Elisawati, E., & Prasetyo, E. (2019). Prototype Robot Line Follower Arduino Uno Menggunakan 4 Sensor Tcrt5000. I N F O R M a T I K A, 11(2), 17. https://doi.org/10.36723/juri.v11i2.183

Siswanto, S., & Triono Sigit, H. (2019). Pelatihan Pembuatan Robot Line Follower untuk Meningkatkan Pengetahuan Robotika pada Siswa SMK Negeri I Kramatwatu. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Indonesia, 1(1), 230–240. https://doi.org/10.21632/jpmi.1.1.230-240

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Prenamedia Group.

YOLANDA, Y., & Arini, W. (2018). Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG: Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.31540/jpm.v1i1.74

Zabir, A. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMPN 1 Lanrisang Kabupaten Pinrang. Universitas Negeri Makassar, 1(1), 1–10.


Article Metrics

Abstract has been read : 367 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i2.15530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Umi Kholifah, Nurulita Imansari, Ihtiari Prastyaningrum, Rezza Wahyu Hidhayat, Mustika Jagad Gumelar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.