Sweet House: Rumah Pelatihan Wirausaha Crochet dan Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak untuk Ibu-ibu Muda di Kelurahan Cepoko Kabupaten Ponorogo

Novita Maharani, Ita Dwi Setyaningrum, Bintang Astririana Anista Putri, Lois Anggi Putri, Hendra Erik Rudyanto

Abstract


Tujuan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pengabdian kepada masyaralat ini adalah 1) Untuk memberikan pelatihan dan pendampingan wirausaha Crochet  sebagai inovasi usaha bagi ibu-ibu muda di Desa Cepoko Kabupaten Ponorogo, 2) Untuk memberikan sosialisasi pendidikan seksual bagi orang tua atau ibu-ibu muda sebagai upaya pencegahan kekerasan dan pelecehan seksual pada  anak di Desa Cepoko Kabupaten Ponorogo. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini berupa kegiatan sosialisasi dan pelatihan. Hasil dari kegiatan PKM-PM ini berupa wawasan terkait edukasi pencegarahan kekerasan seksual pada anak dan produk berupa tas kecil, dompet, dan strap masker sebagai hasil pelatihan. Kegiatan ini mendapatkan dukungan dan antusias dari masyarakat sasaran. Hal tersebut terbukti dari tingkat partisipasi dan respon masyarakat yang baik.


Keywords


sweet house; pendidikan kekerasan seksual, pelatihan kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Tentara F, Tarnoto N, Panungsari D. (2017). Pelatihan “Bunda muda Hebat” : Training “Young Great Mother”. Jurnal Pemberdayaan. 1(2).

Fajarwati, S. (2021). Pelatihan Teknik Crochet Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Bagi Ibu-Ibu Dawis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). 5 (1), 26-27.

Finkelhor, et al. (2008). Sexually Assaulted Children: National Estimates and Characteristics. Journal Juvenile Justice Bulletin. Vol 7: 1-12.

Khoerunisa, S. (2018). Peran Orang Tua dalam Sosialisasi Pendidikan seks Kepada Remaja di Kampung Panawuan, Kabuoaten Garut. Skripsi: UIN Syarif Hidayattullah Jakarta.

Susanti, Rahmadaniah R. (2019). Pelatihan Perempuan Desa Pada Kerajinan Crochet Di Hanura Kabupaten Pesawaran. Publika Pengabdian Masyarakat.1 (1), 37-38.


Article Metrics

Abstract has been read : 146 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i2.15529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Novita Maharani, Ita Dwi Setyaningrum, Bintang Astririana Anista Putri, Lois Anggi Putri, Hendra Erik Rudyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.