Pelatihan dan webinar penyusunan penelitian tindakan kelas di masa pandemi covid-19
Abstract
Pelatihan penyusunan penelitian tindakan kelas sangat penting bagi guru-guru di Kota Madiun mulai jenjang TK/RA sampai SMA/SMK. Selain sebagai laporan dari proses pembelajaran yang sudah dilakukan juga sebagai peningkatan kualitas diri dari bapak ibu guru. Selama ini bapak ibu guru masih memerlukan pendampingan dalam penyusunannya. Hal ini dikarenakan masih kurangnya pemahaman bapak/ibu guru dalam membuat laporan Penelitian Tindakan kelas dari proses pembelajaran yang sudah dilakukan setiap hari. Dalam pelaksanaannya untuk Menyusun penelitian tindakan diperlukan adanya Pelaporan yang sesuai dengan aturan dalam Permen no 16 tahun 2009. Dimana Penelitian Tindakan Kelas yang sudah selesai disusun untuk kesempurnaannya harus sudah melalui proses seminar. Sehingga dengan Seminar itu diharapkan PTK sudah dapat masukan dari bapak ibu guru yang lain dari 3 sekolah yang berbeda. PTK yang sudah selesai dan sudah diseminarkan dapat sebagai bukti pelaksanaan pembelajaran yang bisa di masukkan dalam sasaran kinerja Pegawai dan dapat digunakan sebagai pengusulan PAK. Hasil kegiatan menyatakan bahwa: 1) Adanya kemampuan bapak ibu guru dalam Menyusun Pelaporan PTK dengan kriteria sangat baik adalah 90% dan baik 10%. 2) Adanya peningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan seminar PTK dengan kriteria sangat baik 80%, baik 15% dan cukup baik 5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, R. I. (2008). Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara. Dasmaniar (2018). Survey Tentang Masalah-Masalah Yang Dihadapai Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Inuman. Jurnal PAJAR, 1, pp. 65–75.
Ju, J. et al. (2020). Covariance structure analysis of health-related indicators in the elderly at home with a focus on subjective health. Journal of Chemical Information and Modeling, 43(1), p. 7728. Available at: https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY- 210_Unit_Materials/PSY-210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf
Muslich, M. (2009). Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta: Bumi Aksara.
Napitupulu, R. M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), pp. 23– 33.
Pujawan, K. A. H., & Restami, M. P. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Guru Kecamatan Busungbiu. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 1(2), p. 18. https://doi.org/10.31764/jpmb.v1i2.458.
Sari, W., Rifki, A. M., & Karmila, M. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19. Jurnal Mappesona,3(2).
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), pp. 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173.
Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemi covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), pp. 269–283.
Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P. and Halimatusadiah, D. (2019). Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), pp. 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671
Article Metrics
Abstract has been read : 124 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i1.13462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ninik Srijani, Mareta Berlianantia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.