Upaya pelestarian budaya daerah melalui ekstrakurikuler seni tari bagi siswi di SDN 2 Gombang

Ana Dhaoud Daroin, Lely Rara Renaningtyas

Abstract


Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk melestarikan budaya seni tari tradisional di SDN 2 Gombang melalui kegiatan ekstrakurikuler. Metode pelaksanaan program dilakukan menyasar pada siswi kelas atas (kelas 4,5 dan 6). Kegiatan dilaksanakan selama 5 bulan mulai bulan Agustus sampai Desember 2021.  Pelaksanaan kegiatan merupakan gagasan sekolah bekerjasama dengan mahasiswa kampus mengajar Angkatan 2 sebagai instruktur. Kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya  mengembangkan diri siswa, namun juga dapat mengekspresikan sikap cinta tanah air dan mengerti bahwa sebagai generasi penerus bangsa, siswa wajib untuk melestarikan budaya daerah. Kegiatan diawali dengan observasi, penentuan rencana pengadaaan ekstrakurikuler tari, koordinasi dengan pihak sekolah dan wali kelas, penetapan target sasaran serta pelaksanaan program. Luaran dari penelitian ini adalah show/penampilan ekstrakurikuler tari pada acara perpisahan kampus mengajar Angkatan 2. Berdasarkan wawancara yang dilakukan pihak yang terlibat pada beberapa peserta yang menjadi sasaran pelatihan, didapatkan masukan yang menyampaikan kebermanfaatan program pelatihan tersebut.


Keywords


budaya; ekstrakurikuler; kampus mengajar

Full Text:

PDF

References


Afriyatni, D. N. (2017). Upaya Membangun Ekstrakurikuler Seni Tari Punjari Dan Garuda Nusantara Pada Kreativitas Siswa Melalui Metode Tutor Sebaya Kelas V SDN Purwantoro 2 Malang (Doctoral dissertation, University of Muhammadiyah Malang).

Amanda, R., Widyaningrum, A., & Wakhyudin, H. (2019). Ekstrakurikuler seni tari sebagai upaya pelestarian budaya lokal di SD Negeri Sawah Besar 02. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 105-111.

Herimanto & Winarno. (2010). Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. (R. Rachmatika, Penyunt.) Jakarta: PT Bumi Aksara.

Soegeng, A. (2018). Filsafat Pendidikan. (P. Sudarmo, Penyunt.) Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.


Article Metrics

Abstract has been read : 480 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/.v1i1.13459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ana Dhaoud Daroin, Lely Rara Renaningtyas

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.