ENHANCING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH KWL TECHNIQUE
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas x di SMK PGRI Pakis-Malang dalam memahami teks naratif. Penelitian ini perlu dilakukan karena hasil dari preliminary study menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami teks naratif. Selain itu, informasi dari guru menunjukan bahwa siswa memiliki motivasi yang rendah dan kurang bias bekerjasama dalam pembelajaran membaca teks naratif. Dengan menggunakan instrumen yang berupa kuesioner, lembar observasi, catatan lapangan, dan tes yang diterapkan pada dua siklus, ditemukan bahwa teknik KWL mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami teks naratif. Secara kualitatif, terbukti bahwa siswa lebih antusias dalam mengikuti pelajaran karena mereka memeliki kesempatan berinteraksi dengan teman sejawat, serta memiliki pengalaman baru dalam belajar. Secara kuantitatif, terbukti bahwa 25 siswa dari 27 siswa memiliki nilai kemampuan membaca yang melebihi KKM sekolah. Penemuan ini memberi informasi bagi para pendidik yang menghadapi persoalan yang sama untuk mencoba mengadopsi ataupun mengadaptasi teknik KWL dalam proses pembelajaran
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Hermansyah, Trimantara. 2014. Keefektifan strategi KWL (Know-Want to know-learned) terhadap kemampuan membaca kritis dan berfikir kritis siswa sekolah dasar (Online). Retrieved from http://repository.upi.edu/11546/1/T_PD_1201694 Chapter 1.pdf, on January 28, 2015
Jeans, Carla. 2011. Cognitive Factors that Affect Reading Comprehension, (online). Retrieved from http://www.slideshare.net/jeanecarlaong/cognitive-factors-that-affect-reading-comprehension on February 19, 2015
Jumria, 2010, Applying of KWL technique to improve reading achievment, (online). Retrieved from http://www.scribd.com/doc/225986328.html on January 10th, 2015
Karang, Putri D. P. 2014, Improving Reading Comprehension through KWL Strategy at the Eighth grade students of SMPN 01 Amlapura (Online). Retrieved from http://unmas-library.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/skripsi-pdf.pdf on February 15, 2015
Kemis and Taggart. 1990. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press
Ogle. D. 1986. A Teaching Model that Develops Active Reading Expository Text. The Reading Instructor, 39 (6), 564-570
Article Metrics
Abstract has been read : 836 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/etj.v3i2.750
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 English Teaching Journal : A Journal of English Literature, Language and Education
English Teaching Journal: A Journal of English Literature, Language and Education indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.